PELATIHAN PENGGUNAAN GEOGEBRA BAGI GURU SMP, SMA, DAN SMK SE-SUMATERA BAGIAN SELATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Aplikasi GeoGebra, Pembelajaran Matematika

  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang
  • Yunika Lestaria Ningsih Universitas PGRI Palembang
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang
  • eka fitri puspa sari Universitas PGRI Palembang

Abstract

Dalam pembelajaran matematika pemanfaatan teknologi komputer sudah banyak dilakukan. Contoh yang sering ditemui adalah pemanfaatan program aplikasi yang dapat diakses secara gratis oleh pembelajar yaitu aplikasi GeoGebra. Namun, tidak setiap guru dapat memahami dan melakukan pembelajaran dengan aplikasi ini. Masih banyak guru yang memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dan media dalam pembelajaran. Bahkan tidak sedikit guru yang belum mengetahui bahwa GeoGebra dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Oleh karena itu, tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi PPG Universitas PGRI Palembang perlu untuk melakukan kegiatan mengenalkan dan membantu guru dalam mengimplementasikan aplikasi GeoGebra dalam bentuk pelatihan online dengan tema  “Penggunaan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika”. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu pelatihan secara online berbantuan aplikasi zoom. Kegiatan dilaksanakan selama 1,5 bulan (5 hari). Hasil kegiatan berupa telah dikuasainya materi yang disampaikan walaupun belum begitu mahir, yakni dapat dilihat melalui tugas-tugas yang diberikan. Respon peserta kegiatan sangat baik dan mereka berharap pelatihan seperti ini dapat terus dilakukan.

References

Hohenwarter, M. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. Diambil kembali dari http://www.publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf.
Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System GeoGebra. Diambil kembali dari www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf.
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Diambil kembali dari http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Ariesta, D. (2019). Pelatihan Peningkatan Kemampuan IT Bagi Guru Matematika Menggunakan Geogebra. Jurnal Terapan Abdimas, 4(2), hal. 203-209.
Syahbana, A. (2017). Belajar Menguasai GeoGebra (Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri.
Published
2021-06-29