PELATIHAN CARA MUDAH MEMBACA YANG MENYENANGKAN MELALUI PHONOLOGICAL AWARENESS DI SD INPRES 111 ORANSBARI

PELATIHAN CARA MUDAH MEMBACA YANG MENYENANGKAN MELALUI PHONOLOGICAL AWARENESS DI SD INPRES 111 ORANSBARI

  • Siti Fatimahtun Zahra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Wiska Baharuddin STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Muflihah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Hawa Hasan STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mempermudah mahasiswa dan orang tua  dalam mengajarkan membaca melalui metode phonological awareness, melatih peserta didik agar memilliki keterampilan membaca awal yang benar-benar dapat dipahami sehingga mampu membaca dengan baik, menumbuhkan budaya literasi di sekolah sejak dini melalui kecintaan membaca lewat keterampilan membaca awal yang baik. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, disikusi, dan latihan. Penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan sangat mempengaruhi hasil pembelajaran yang dicapai siswa, termasuk penggunaan metode pembelajran phonological awareness dalam pembelajaran membaca awal. Phonological awareness ini merupakan salah satu metode pembelajaran membaca yang menyenangkan yang menitikberatkan pada kesadaran bunyi-bunyi huruf dari huruf-huruf abjad yang ada. Dengan menggunakan metode yang menyenangkan ini siswa diarahkan untuk tidak sekedar menghafal nama-nama huruf, tetapi terlebih dahulu mengenal bunyi-bunyi dari huruf tersebut, untuk selanjutnya dikenalkan pada bentuk dan konsep cetak huruf. Dengan demikian siswa akan relatif lebih mudah memahami teknik membaca permulaan sehingga dapat menggunakannya untuk belajar membaca. 

References

Astia, Meri. 2020. Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas 1 SD Negeri 93 Palembang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar. Vol 3 No 1 pp. 7-12 Maret 2020. P-ISSN 2655 E-2654-3109.
Hasanah,Asratul & Lena, M. S. 2021. Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 No 5 Tahun 2021. p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071.
Meo, Alwisia., Wau, M. P. & Lawe, Y. U. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021. ISSN 2775-1589.
Modul Perkuliahan Membaca dan Menulis Kelas Awal unuk LPTK, Kerjasama USAID Prioritas – Florida State University (FSU) – Universitas Negeri Semarang ( UNNES), 2016
Rahma, Mitra & Dafit, Febrina. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial, Agama. Vol. 13 No. 2 (2021). P-ISSN 1907-6355 E-ISSN 2656-9779.
Yani, S. A. M., Nisa, Khairun & Setiawan, Heri. 2021. Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendas: Primary Education Journal. Volume 2 Nomor 2, Juli-Desember 2021. P-ISSN: 2686-5130 E-ISSN: 2776298X.
Published
2022-06-05

Most read articles by the same author(s)