PENDAMPINGAN DALAM MENCEGAH GENERASI NOL LITERASI DIMULAI DARI KELUARGA DI KAMPUNG WANDOKI DISTRIK ORANSBARI KABUPATEN MANOKWARI SELATAN PROVINSI PAPUA BARAT

  • Siti Muflihah STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Hawa Hasan STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Siti Fatimahtun Zahra STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Wiska Baharuddin STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Kampung Wandoki merupakan salah satu perkampungan yang ada di Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan, dimana sebagian besar masyarakatnya belum paham tentang pentignya literasi. Gerakan literasi yang melibatkan keluarga merupakan langkah awal dalam menumbuhkan minat baca anak di lingkup keluarga. Kemampuan  literasi pada abad ke 21 saat ini sangat dibutuhkan bagi anak usia Sekolah Dasar untuk memahami mata pelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan pada bulan Februari 2022 sampai dengan Maret 2022, Metode yang digunakan adalah tahap persiapan, tahap sosialisasi program, tahap koordinasi team, tahap pelatihan, tahap pendampingan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat diperoleh hasil bahwa sosialisasi dilakukan dalam keluarga, dimulai dengan proses belajar adaptasi dan mengikuti setiap hal yang diajarkan oleh orang-orang di dalam lingkungan keluarga. Ayah dan ibu menjadi tauladan atau contoh bagi anak dalam penerapan sikap yang baik terutama dalam penerapan literasi ini, masyarakat di kampung Wandoki dapat memahami tentang pentingnya sebuah literasi sebagai pengetahuan awal dalam membuka wawasan anak; Orang tua antusias dalam mendampingi anak membaca di rumah.

References

Antoni,W.,Aip,B.,Wardani,R. 2020. Peningkatan Karater Siswa Melalui Gerakan Literasi Keluarga di Tengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA

Desti,F,F.,Dadang,S.,Vismaia,S.,D. 2020. Strategi Pendidikan Literasi Keluarga Melalui Analisis Nilai Didaktis Pada Cerita Anak Litara. Vol. 10, No. 2, Juli 2020. Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Dinar,N,I. 2017. Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age, Vol. 1, No. 1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 23 Dinar Nur Inten Program Studi PG-PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung Jln. Ranggagading No. 8 Bandung, Indonesia

Garbe, C., Lafontaine, D., Shiel, G., Sulkunen, S., & Valtin, R. 2016. Literacy In Finland Country Report Children and Adolescents. Germany: European Literacy Policy Network (ELINET)

Idham,I., Sopian,T.,Mauliadi,R. 2020. PKM Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Ibu Rumah Tangga di Kampung KB Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Covid-19. Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat https://ojs.unm.ac.id/Humanis Volume 19 ISSN: 1411-5263 dan e-ISSN: 0000-0000

Meilawati,Irsa. 2015. Pengaruh Literasi Keluarga Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Literasi Dini Siswa Kelas Awal. http://repository.upi.edu/id/eprint/21508

Neneng Sri Wulan. 2021. Pengembangan Model Literasi Keluarga Berbasis Simplifikasi Cerita Rakyat. Penerbit: CV. Pena Persada. Jawa Tengah

Rayindha,M,A.,Lutfi,N.,Yusuf,S. 2022. Implementasi Literasi Keluarga pada Guru Sekolah Dasar yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar. Vol. 9, No. 2 (2022) 514-524 Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tasikmalaya
Published
2022-06-08

Most read articles by the same author(s)