PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH SAYURAN DI DESA PAGAR AYU KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

  • syaprizal syaprizal Universitas PGRI Silampari
  • Zico Fakhrur Rozi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Kecamatan Megang Sakti merupakan daerah yang didominasi oleh kawasan pertanian. Praktik pertanian yang ramah lingkungan dengan pencemaran yang minimal atau dikenal dengan istilah pertanian organik, dalam kurun waktu sepuluh tahun belakangan menjadi perhatian tersendiri. Faktanya, praktik pertanian organik dilapang masih banyak menemukan kendala, antara lain mahalnya harga pupuk organik sehingga petani masih enggan beralih dari pupuk kimia. Adapun tujuan dari pengabdian masyarakat ini ialah pemberian pemahaman serta pelatihan pembuatan pupuk organik yang berasal dari bahan baku yang mudah didapatkan yaitu limbah sayuran. Bahan baku limbah sayuran yang didapatkan dari masyarakat sekitar diolah dan difermentasi menjadi pupuk. Hasil dari kegiatan pengabdian ini ialah para anggota kelompok tani mukti karya Desa pagar ayu, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas dapat memproduksi pupuk organik cair secara mandiri, dan menggunakan produk tersebut dalam budidaya tanaman pertanian. Pengenalan teknologi pembuatan pupuk cair organik ini dapat mendorong semangat para petani dalam menerapkan sistem pertanian organik yang dimuali dari input budidaya tanaman yaitu pupuk.

References

Fitriyatno, Suparti, & Anif, S. (2011). Uji Pupuk Organik Cair Dari Limbah Pasar Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L) Dengan Media Hidroponik. Prosiding Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 635– 641.
Hadisuwito, S. 2015. Membuat Pupuk Kompos Cair. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Hartatik W., Husnain, Ladiyani R. Widowati 2015. Peranan Pupuk Organik Dalam Peningkatan Produktivitas Tanah Dan Tanaman Jurnal Sumberdaya Lahan Vol. 9 No. 2, Desember 2015; 107-12.

Nasution. H, Henny D.J., Ulsanna Laira, Wahyuningsih. 2017. Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Dan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Pupuk Organik Cair Dengan Metoda 326 Fermentasi Dengan Aktivator Em4. Jurnal Photon Vol. 8 No. 1, Oktober 2017.

Natsi NA, Chaldun K., Salim. 2016 .Penerapan Teknologi Pembuatan Pupuk Organik Dalam Pengolahan Limbah Pasar Mardika Ambon. Biologi Sel. vol 5 no 1.
Pardes A., Dorner M., Diop N., Pain JP. 2011. Coconut Water Use, Composition and Properties: Review. Fruits (vol (67): 2.

Rachman F , Erninda O., Maulana A , Fauzan ND , AnNajjah IS. 2021.H2 super: inovasi pupuk organik cair dari sampah pasar H2, Desa Sido Mukti, Kecamatan Gedung Aji Baru Alturis Journal of Community service., Vol 2(1):4–7 DOI:10.22219/altruis.v2i1.159621.

Suhartini I. 2018. Uji Kualitas Dan Efektivitas Poc Dari Mol Limbah Sayuran Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Sawi. Jurnal Prodi Biologi Vol 7 No 8 Tahun 2018
Published
2022-06-08