SOSIALISASI PENGEMBANGAN UMKM MELALUI STRATEGI PEMASARAN MEMALUI MARKET PLACE DI DESA SEMANGUS BARU KECAMATAN MUARA LAKITAN KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Supriyanto Supriyanto Universitas Bina Insan
  • Yuli Eprianti Universitas Bina Insan
  • Yulpa Rabeta Universitas Bina Insan

Abstract

Salah satu unsur pelaksanaan Tridharma adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiataan PKM ini dilakukan dosen Universitas Bina Insan. Metode pelaksanaan yaitu tim dosen yang mengadakan observasi di Desa Semangus Baru Kabupaten Musi Rawas untuk mengetahui promosi penjualan dengan media sosial dan marketplace. Oleh karena itu kegiataan PKM dilakukan pada bulan 6 Juni 2022, ditunjukan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas sehingga diharapkan masyarakat Desa Semangus Baru Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas melakukan penjualan dengan menggunakan media sosial dan  marketplace  dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar usaha serta meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran.

References

Mulyadi, N. (2010) Kewirausahaan & Manajemen Usaha Kecil, Alfabeta, Bandung,

Nurseto, T. (2004). Strategi Menumbuhkan Wirausaha Kecil Menengah yang Tangguh. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1(1)

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.

Robiyanto, F. (2004). Akuntansi Praktis untuk Usaha Kecil dan Menengah, Studi Nusa, Semarang.

Tommy, Faridah P.P, Gracia A.N (2012) upaya pengembangan UMKM melalui Strategi Online Marketing di Desa Duwet Krajaan Kecamataan Tumpang Kabupaten Malang. Jurnal pengadian kepada masyarakat JPKMI vol 3 no 2.

Wati, A.P, Martin, J.A & Indrawati A (2020) Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business pada UMKM. Dedication: jurnal pengabdian masyarakat 4(2), 137-148 doi : 10.31537/dedication.V4i.3262
Published
2022-12-10