PEWARNAAN BATIK MENGGUNAKAN TEKNIK SHIBORI DI SDIT RAUDHATUL JANNAH KOTA LUBUKLINGGAU

  • Willy Lontoh Universitas PGRI Silampari
  • Raden Angga Bagus Kusnanto Universitas PGRI Silampari

Abstract

Keterampilan seorang peserta didik sekolah dasar dalam disiplin ilmu seni dituntut untuk bisa mengembangkan kemampuannya untuk merangsang kreatifitas peserta didik dalam bidang seni. Karenanya diperlukan seorang pendidik yang ahli dalam mentransfer wawasan, keterampilan, dan pengalaman terhadap peserta didik dalam hal bidang seni. Fokus dan tujuan utama kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ialah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan peserta didik mengenai pewarnaan batik menggunakan teknik “Shibori”. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini yakni melalui pelatihan pewarnaan batik menggunakan teknik “Shibori” bagi murid-murid SDIT Raudhatul Jannah kota Lubuklinggau. Kegiatan ini guna mengoptimalkan potensi serta memberikan pengalaman seni pada peserta didik. Karena peserta didik menjadi pondasi sebuah pendidikan kedepannya, bila peserta didik terampil dalam mengolah, memanfaatkan dan membuat sesuatu menjadi lebih bermakna maka itu juga yang akan menjadi majunya sebuah bangsa. Sehingga kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menjadi bagian penting dalam memfasilitasi kebutuhan siswa khususnya pada mata pelajaran SBDP untuk menambah wawasan serta pengetahuannya mengenai pewarnaan batik menggunakan teknik “Shibori” .

References

Ambarwangi, S., & Suharto, S. (2013). Pendidikan Multikultural di Sekolah melalui Pendidikan Seni Tradisi. Harmonia: Journal Of Arts Research And Education, 13(1).

Azar, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kaolan. (2017). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru Jenjang Sd Di Kecamatan Samarinda Seberang. Borneo: Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur

Kusnanto, R, A, B. (2019). Paradigma Pendidikan Seni; Belajar melalui seni dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 155-162.

Kusumastuti, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 7-16.
Published
2023-06-16