PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA BIARO LAMA KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Endar Pradesa
  • Metha Aditya Putri Universitas PGRI Silampari
  • Susyanto Tunut Universitas PGRI Silampari

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) batik teratai dan ikan pedo agar mampu mempertahankan mengembangkan UMKM menggunakan strategi pemasaran yang lebih luas melalui media digital marketing melalui media sosial (facebook dan Instagram) yang berintegrasi e-commerce dan e-commerce. Tujuan jangka panjang dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan para pelaku UMKM di Desa Biaro Lama bisa menggunakan akun media sosial yang berintegrasi e-commerce (Facebook dan Instagram)  dan e-commerce (Tokopedia dan Shopee). Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu: 1) Tahap Persiapan, 2) Tahap Pelaksanaan, 3) Tahap Pelaksanaan Pelatihan, 4) Tahap pendampingan dan Evaluasi. Hasil kegiatan ini diharapkan  UMKM batik teratai dan ikan pedo bisa menggunakan akun media sosial yang berintegrasi e-commerce (Facebook dan Instagram)  dan e-commerce (Tokopedia dan Shopee) mampu memasarkan hasil produksinya secara global sehingga bisa meningkatkan penjualan serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Biaro Lama.

References

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176–188.

Harto, B., & Komalasari, R. (2020). Optimalisasi platform online internet marketing untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1–6.

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120–125.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi pengembangan digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 9(1).

Kartajaya, H., Mussry, J., & Hardi, E. (2018). Planet OMNI: The New Yin Yang of Business. Gramedia Pustaka Utama.

Kemenko Perekonomian. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah#:~:text=Peran UMKM sangat besar untuk,total penyerapan tenaga kerja nasional.

Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. QISTIE, 15(1), 17–31.

Priambada, S. (2017). Potensi media sosial bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2, 239–244.

Rahmadi, Y., Prasetyo, Y. A., & Hasibuan, M. A. (2015). Pengembangan Modul Freemium Aplikasi TEL-US (Telkom University Store) menggunakan Metode Iterative Incremental dan Framework Laravel. EProceedings of Engineering, 2(2).

Ramadhani, F., & Arifin, Y. (2013). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi komunikasi berbasis e-commerce sebagai media pemasaran usaha kecil menengah guna meningkatkan daya saing dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean 2015. Economics Development Analysis Journal, 2(2).

Rarasati, D. P., & Pradiani, T. (2018). Pengaruh iklan media sosial dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk bagi pelanggan alfacart. com.

Sirait, A. A. U., Sopanah, A., & Nurhayati, I. D. (2021). Analisis penerapan standar akuntansi keuangan Entitas tanpa akuntabilitas publik (SAK-ETAP) pada penyajian laporan keuangan BUM Desa (Studi Kasus pada BUM Desa Kerto Raharjo di Desa Sanan Kerto Kec. Turen Kab. Malang). Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 157–172.

Wardhana, A. (2015). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 4.

Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan masyarakat berbasis pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di era revolusi industri 4.0. Journal of Extension and Development, 1(2), 90–96.

Wijoyo, H., & Widiyanti, W. (2020). Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Era Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Kahuripan, 10–13.
Published
2023-12-15