PENDAMPINGAN LITERASI SAINS SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 EMBACANG BARU

  • Ahmad Amin Universitas PGRI Silampari
  • Armi Yuneti Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan dari PKM ini keberhasilan siswa mencapai nilai yang tinggi, dan dari setiap materi yang disampaikan dapat dihubungkan dalam kehidupan sehari. Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan literasi sains siswa sehingga pembelajaran di kelas lebih interaktif. Selain itu siswa sekaligus mendapatkan pencerahan dalam pembelajaran dengan baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dari bulan Juli s.d Agustus 2023. PKM ini melibatkan tim peneliti yang berjumlah 1 orang ketua dan 1 orang anggota dosen, 3 orang anggota mahasiswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, dan praktek pembelajaran menggunakan model kontekstual dengan melibatkan peserta dalam diskusi secara berkelompok, dan Pendampingan pasca pelatihan. Untuk efektivitasnya kegiatan pelatihan ini, tim pelaksana membatasi peserta yang mengikuti pelatihan adalah siswa kelas VI. Selama proses berjalannya PKM ini, tim menyiapkan instrumen tes untuk mengukur ketercapaian materi selama pelatihan. Adapun pelatihan yang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap pendampingan. Hasil  belajar yang diperoleh dalam evaluasi pembelajaran sains siswa kelas VI, rata-rata 75, mencapai persentase rata-rata 75% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pendampingan Literasi Sains Siswa SDN 1 Embacang Baru dapat menigkatkan hasil belajar siswa.

References

Arohman, M., Saefudin, & Priyandoko, D. 2016. Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Ekosistem. In Proceeding Biology Education Conference.

Halim, A., Universitas, F., Malang, I., & Fathani, A. H. 2017. Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple. Edusains.

Hidayati Fitria; Julianto. 2018. Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan.
Kusmana, S. 2017. Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Mnengah Suherli. Diglosia.

Mudzanatun, M. 2018. Penyiapan Pendidik Abad 21 Melalui Budaya Literasi I. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1774

Rohman, S. 2017. Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.

Syofyan. Harlinda; Ismail. 2018. Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Dalam Pembelajaran IPA Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65–75. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/index.php/QH/article/download/1189/1057

Yuliati, Y. 2016. Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 2). Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/335/315
Published
2023-12-15