Pendampingan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) sebagai Upaya Eksistensi Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau
Abstract
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pendampingan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) sebagai upaya eksistensi bahasa Indonesia di Kota Lubuklinggau. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. PKM ini adalah kegiatan pelatihan yang menekankan pada pendampingan dan sosialisasi UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) yang dilaksanakan Dosen UNPARI berkerjasama dengan Balai Bahasa Sumatera Selatan dan SMA Negeri 5 Lubuklinggau. Hal ini menjadi dasar kegiatan PKM ini adalah kurangnya pengenalan masyarakat khususnya pelajar di Kota Lubuklinggau akan membudayakan bahasa Indonesia melalui kegiatan UKBI. Faktor lain yang mempengaruhi kurangnya keterampilan berbahasa adalah kurangnya sosialisasi UKBI di pelajar ketimbang tofel sebagai syarat atau tolak ukur dalam keterampilan berbahasa, sehingga rendahnya keterampilan berbahasa dari kalangan pelajar. Pelatihan ini akan berkonsentrasi pada sosialisasi UKBI, Simulasi UKBI dan Tes UKBI. Hasil kegiatan PKM diantaranya: 1) terselengaranya koordinasi antara Universitas PGRI Silampari, Balai Bahasa Sumatera Selatan dan SMA Negeri 5 Lubuklinggau, 2) terselengaranya kegiatan sosialisasi pada siswa SMA Negeri 5 Lubuklinggau, 3) terselengaranya simulasi UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia) dan 4) terlaksananya UKBI di SMA Negeri 5 Lubuklinggau yang diikuti 821 siswa, serta 5) terdapat kendala pada kegiatan tes berkaitan dengan jaringan dan sarana. Berdasarkan hasil pendampingan UKBI di SMA Negeri 5 Lubuklinggau dapat disimpulkan jika kegiatan berlangsung aktif, efektif dan mampu meningkatkan minat siswa dalam memahami bahasa Indonesia.
References
Kusmiatun, M.Hum., A. Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemelajar Bipa Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140 (2019).
Kusumawati, I. Penanaman Karakter Nasionalisme Cinta Bahasa Indonesia pada Bulan Bahasa dan Sastra. Academy of Education Journal, 10(02), 131–141. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.278 (2019).
Luciana, O. Interelasi keterampilan bahasa Indonesia lisan dan tulisan bagi tenaga kerja asing di PT. XYZ Purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(September), 336–350. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7076599 (2022).
Mukti, W. I., Andayani, & Wardani, N. E. Pengajaran BIPA dan Tes UKBI dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1, 911–916. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/issue/view/184. (2017).
Rahadian, R., Candradewin, C., & Munajat, M. D. E. Komunikasi Dalam Implementasi Program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Di Balai Bahasa Jawa Barat. JANE - Jurnal Administrasi Negara, 14(1), 97. https://doi.org/10.24198/jane.v14i1.41270 (2022).
Suprato, D. Pandangan Mahasiswa Terhadap Keefektifan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunikasi pada Lingkungan Kampus. … Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 350–356. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6097%0A (2022).
Yulianti, U. H., & Puspito, D. W. Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. SeBaSa, 1(2), 63. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1035 (2018).
Zalmansyah, A. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (Ukbi) Bagi Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Se-Lampung Utara. 2, 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.37671/sb.v2i1 (2013).
Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.