Pendampingan Kiat Lolos Validasi Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar di SMAN Karang Jaya

  • Cekman Cekman Universitas PGRI Silampari
  • Virry Grinitha Universitas PGRI Silampari
  • Tendya Yunus Universitas PGRI Silampari
  • Nella Dahti Pawati SMAN Karang Jaya
  • Siti Aulia SMAN Karang Jaya

Abstract

Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk lolos validasi aksi nyata pada platform merdeka mengajar bagi guru SMAN Karang Jaya. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu wawancara, ceramah, dan simulasi. Pada tahapan persiapan, dilakukan  dengan cara menyiapkan materi yang akan disampaikan, menyiapkan instrumen wawancara, dan menyiapkan contoh aksi nyata yang telah lolos validasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahapan pelaksanaan  kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan pemahaman kepada guru tentang langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat aksi nyata dan apa saja yang harus dilengkapi pada kegiatan aksi nyata, serta melakukan simulasi dalam membuat aksi nyata tersebut. Tahapan evaluasi  yaitu melakukan refleksi tentang kegiatan yang telah dilakukan lalu menyusun rencana tindak lanjut kegiatan dalam platform merdeka mengajar dan mendampingi sekolah dalam membuat komunitas belajar. Hasil dan pembahasan setelah dilakukan pendampingan dan praktik dalam membuat aksi nyata semua guru telah mengakses platform merdeka mengajar. Selain itu banyaknya guru yang sudah melakukan aksi nyata pada platform merdeka mengajar.

References

Amirudin, Siregar, M., Anggara, A., Faridah, Faraidin, M., & Syafridah, N. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan . Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran (JPPPP), Vol.4, No.1, 1-4.

Awe, E. Y., Ndagon, A. N., Ngilo, R. A., Ndae, V., & theresia, V. (2022). Program Bimbingan Belajar Sebagai Aksi Nyata Mahasiswa Citra Bakti Peduli Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6, Nomor 1, 65-71.

Dewi, S. E., Santoso, A., & Dewi, R. S. (2024). Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Pendukung Optimalisasi Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol.8, No.1, 350-361.

Hamzah, R. A. (2023). Pendampingan Kepala Sekolah dan Guru SD pada Lokakarya Kurikulum 2 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tahun Kedua di Kabupaten Sopeng. Jurnal Pengabdian Msyarakat Terintegrasi, Vol.2, No.1, 62-70.

Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui Komunikasi Belajar Gugus PAUD. Madaniyah, Vol.3, No. 2, 574-581.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Implikasi Kurikulum Merdeka di Sekolah SD. Almadrasah, Vol.7, No.1, 331-345.

Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (pp. 614-639). Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional.

Moridu, I., Purwanti, A., Melinda, Sidik, R. F., & Asfahani. (2023). Edukasi Keberlanjutan Lingkungan Melalui Program Komunitas Hijau untuk Mengispirasi Aksi Bersama. Communnity Development Journal, Vol.4, Nomor 4, 7121-7128.

Nurhasanah, A., Simbolon, M. E., & Syafari, R. (2022). Fasilitasi Pengembangan Perangkat Ajar Menuju Kurikulum Merdeka. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.3, No.3, 147-150.

Priyanti, N., Wibawa, A. A., Nurasiah, S., Musarofah, Emiliana, W., & Suparminah, M. (2023). Workshop Optimalisasi Belajar Transisi PAUD ke SD melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Satuan PAUD di Kota Tangerang Selatan. Community: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.3, No.2, 38-45.

Rijanto, A., & Ningsih, S. R. (2023). Pendampingan Refleksi Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Gresik. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2, No.6, 617-624.

Rohimat, S., & Najarudin. (2022). Webinar Strategi Penyelesaian Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, Vol.3, No.2, 94-102.

Wiguna, I. K., & Tristaningrat, M. A. (2022). Langkah Mempercepat Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukas: Jurnal Pendiidkan Dasar, Vo.3, No.1, 17-26.
Published
2024-06-25