Teknis Pelaksanaan dan Penyusunan Laporan Sebagai Bekal Mahasiswa Dalam Melaksanakan Program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas PGRI Silampari

  • Supriyanto Supriyanto Universitas PGRI Silampari
  • Isbandiyah Isbandiyah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah mahasiswa memiliki pemahaman tentang teknis pelaksanaan dan penyusunan laporan melaksanakan praktik pengalaman lapangan di sekolah agar mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan pendidikan di masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan tanya jawab. Ceramah merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan penyajian materi melalui penjelasan lisan oleh pemateri kepada peserta. Metode ini sangat efektif digunakan untuk menghadapi peserta dalam jumlah banyak. Sementara Tanya jawab dalam hal ini adalah peserta dipersilahkan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti terkait dengan materi pendidikan karakter. Hasil dari kegiatan ini adalah tingkat pemahaman mahasiswa peserta praktik pengalaman lapangan sangat baik, dilihat dari perolehan nilai tes sebanyak 397 mahasiswa yang mendapat nilai 91-100 sebanyak 176 mahasiswa dengan nilai rata-rata 93,47, nilai 81-90 sebanyak 202 mahasiswa dengan nilai rata-rata 86,86, nilai 71-80 sebanyak 18 mahasiswa dengan nilai rata-rata 78,55, dan nilai 61-70 sebanyak 1 mahasiswa dengan nilai rata-rata 66,15. Selain itu, dari pengamatan terlihat mahasiswa sangat antusias, berperan aktif menyimak dan aktif bertanya.

References

Asmani, J. M. (2010). Micro Teaching dan Team Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Awaliyahputri, Nuristiqamah dkk. (2019). Alasan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Belum Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Idaarah, Vol. III, No. 1, Juni 2019. Hal. 68-80.

Faridah dkk. (2018). Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Administrasi Pendidikan, Sebuah Refleksi. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXV No.2 April 2018. Hlm. 229-242.

Fathurrahman dan Abdullah Farih. (2018). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 7 No. 2 (2018). Hlm. 77-85.

Fitria, Nila dan Fidesrinur. (2017). Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 4, No. 1, Maret 2017

Hamalik, Oemar. (2005). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hashona, A. H. (2014). Kajian Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang. Jurnal Cendekia, 337-338.

Silaban, Roikestina dkk. (2022). Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di UPT SD Negeri 060961 Belawan. Abdimas Mandiri – Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Volume 2 No. 2 - Desember 2022.

Supriyanto & Isbandiyah. (2018). Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah STKIP-PGRI Lubuklinggau. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora. 1 (2).

Tim Penyusun. (2023). Pedoman Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Universitas PGRI Silampari
Published
2024-06-25

Most read articles by the same author(s)