Pendampingan Pembelajaran Melalui Pendekatan Deep Learning dan Literasi Digital dengan Dukungan Teknologi dan Psikologi Pendidikan

  • Agnes Fibriana Kurniawati Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

This community service program aims to support increasing the capacity of teachers at SD Negeri 124 Palembang in implementing deep learning approach to the learning process, as well as strengthening digital literacy and educational psychology. The program is carried out to provide support to schools because they have never joined socialization and workshop regarding the implementation of deep learning approach, also teachers still have limited understanding of the concept of deep learning, the use of technology and the application of educational psychology. The program activities include interactive socialization, practice in preparing teaching modules, and assignments. The results of the program show a significant increase in teachers' knowledge and abilities related to learning process through deep learning approach, the use of technology and application of educational psychology to design innovative learning.

References

Abdul Sakti. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

April Lailia, S., Fatimah, S., Seftiana, A. F., Ayu, S., & Rista, V. N. (2023). MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI MI/SD PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0. SIGNIFICANT : Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(01), 82–89. https://doi.org/10.62668/significant.v2i01.644

Ariandari, W. P. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model PBL berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan inisiatif siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052

Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep Learning Engage the World Change the World. SAGE Publications Ltd.

Hattie, J. (2019). Visible Learning for Teachers. In Visible Learning for Teachers. https://doi.org/10.4324/9781003024477

Heer, R., Cone, D., & Notes, Y. (2012). A Model of Learning Objectives based on a Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Contemporary Theories of Learning, Iowa State University, July.

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Kemendikdasmen. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. In Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Khasanah, U. , A. S. N. , dkk. (2025). Deep Leaning dalam Pendidikan (M. Hasan, Ed.). Tahta Media Group.

Kitchenham, B. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering. Technical Report, Ver. 2.3 EBSE Technical Report. EBSE.

Latifah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(1). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i1.77

Mulyosari, E. T., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5037

Rahayu Widyawati, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10.

Rukiyati. (2013). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER HOLISTIK KOMPREHENSIF DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1440

Sapulette, M. S., & Wardana, A. (2016). PENINGKATAN KARAKTER SISWA KELAS IV SD NEGERI 16 AMBON MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DENGAN MEDIA CERITA RAKYAT. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.11922

Sari, R. M. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Sufyadi, S., Lmabas, Rosdiana, T., Novrika, S., Isyowo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., Rochim, N. A. F., & Rizal, M. L. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). In Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog.
Published
2025-12-04