Pendampingan Guru dalam Pengelolaan Administrasi dan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Negeri Karang Jaya
Abstract
Kegiatan pendampingan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Karang Jaya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengelolaan administrasi pembelajaran dan evaluasi berbasis digital. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi analisis kebutuhan, perencanaan program, pelatihan dan workshop, pendampingan praktik langsung, serta monitoring dan evaluasi. Aplikasi yang digunakan dalam pendampingan meliputi Google Workspace for Education, Google Form, Quizizz, dan e-Rapor SMP. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran digital seperti RPP, modul ajar, dan jurnal mengajar berbasis cloud. Guru juga mampu memanfaatkan evaluasi digital melalui pembuatan soal dan pengolahan nilai otomatis, serta mengoperasikan e-Rapor dengan lebih akurat dan tepat waktu. Selain peningkatan keterampilan teknis, pendampingan ini juga berdampak pada perubahan sikap guru terhadap penggunaan teknologi, meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan kolaborasi antarguru. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan jaringan internet dan perangkat, kegiatan pendampingan tetap berjalan efektif melalui strategi adaptif dan dukungan fasilitator. Secara keseluruhan, pendampingan ini berhasil meningkatkan profesionalisme guru dalam pengelolaan administrasi serta evaluasi pembelajaran berbasis digital, sekaligus mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang lebih modern, efisien, dan sesuai tuntutan pendidikan abad ke-21.
References
Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2).
Pebriana, P. H., Rosidah, A., & Nurhaswinda, N. (2025). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 137-148.
Soraya, F., & Marzuki, I. (2024). Transformasi Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Society 5.0. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 6(2).
Subagio, I. K. A., & Limbong, A. M. N. (2023). Dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap aktivitas pendidikan. Journal of Learning and Technology, 2(1), 43-52.
Sulistiyono, S., Arini, W., & Mawardi, D. N. (2025). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran di SD Negeri 4 Megang Sakti. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 7(2), 403-411.
Sutarsih, W., & Haryati, T. (2024). Peran digitalisasi sekolah terhadap mutu pendidikan. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 288-295.
Wahidin, W., Sulistiyono, S., & Minarni, M. (2024). Sosialisasi Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Bagi Pendidik di Lingkungan SD Negeri Sukaraja Kabupaten Musi Rawas Utara. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat, 7(1), 238-245.
Wati, E., & Nurhaliza, S. (2025). Guru di Era Digital: Mengatasi Masalah dan Mengembangkan Solusi untuk Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 10(03), 227-234.
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi kompetensi guru dalam pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis media digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142-154.

Jurnal Pengabdian Masyarakat by http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






