Pelatihan Pmri Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Siswa

  • Anna Fauziah Universitas PGRI Silampari
  • Maria Luthfiana Universitas PGRI Silampari
  • Dona Ningrum Mawardi Universitas PGRI Silampari

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru SD Negeri 85 Lubuklinggau dalam menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis deep learning guna memperkuat pemahaman konseptual siswa. Pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah dan diskusi yang memfasilitasi guru dalam memahami prinsip-prinsip PMRI, konsep deep learning, serta integrasi keduanya dalam pembelajaran matematika. Hasil pretest menunjukkan bahwa pemahaman awal guru terkait PMRI dan deep learning masih rendah. Setelah mengikuti pelatihan, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman guru yang ditunjukkan melalui skor posttest dan penilaian peserta terhadap kejelasan materi, relevansi, kualitas fasilitator, serta kesempatan refleksi. Mayoritas guru memberikan respons positif dan menyatakan bahwa pelatihan bermanfaat, relevan, dan dapat diterapkan dalam praktik pembelajaran. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesiapan guru dalam mengembangkan pembelajaran matematika yang bermakna, kontekstual, dan berorientasi pada pemahaman mendalam melalui integrasi PMRI dan deep learning.

References

Cao, Y., & Yongke, S. (2024). The Research on the Application of Deep Learning in Education. IETI Transactions on Data Analysis and Forecasting (ITDAF), 2(3), 4–11. https://doi.org/10.3991/itdaf.v2i3.51413

Elbashbishy, E. M. (2024). Deep Learning in Education. Sustainability Education Globe, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.21608/seg.2024.269380.1000

Fauziah, A., Putri, R. I. ., Zulkardi, Z., & Somakim, S. (2020). Developing pmri learning environment through lesson study for pre-service primary school teacher. Journal on Mathematics Education, 11(2), 193–208. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10914.193-208

Fauziah, A., Putri, R. I. I., Zulkardi, & Somakim. (2017). Primary school student teachers’ perception to Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) instruction. Journal of Physics: Conference Series, 943, 012044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012044

Kettler, T., Lamb, K. N., & Mullet, D. R. (2021). Developing Creativity in the Classroom. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003234104

Kruse, J., Wilcox, J., & Easter, J. (2022). Learning to Learn: Drawing Students’ Attention to Ideas about Learning. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 95(2), 110–116. https://doi.org/10.1080/00098655.2022.2033670

Mulbasari, A. S., Putri, R. I. ., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2023). Systematic literatur review: kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realisitik indonesia (pmri). Journal Of Mathematics Science And Education, 6(1), 13–25. https://doi.org/10.31540/jmse.v6i1.2611

Mystakidis, S. (2021). Deep Meaningful Learning. Encyclopedia, 1(3), 988–997. https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030075

Puspayanti, S. &. (2023). Problem-Solving Models Using Procedural Knowledge in Solving Mathematics Problems of Junior High School Students. European Journal of Mathematics and Science Education, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.12973/ejmse.4.2.95

Putri, R. I. I., Zulkardi, Sari, N., Sagita, L., Siligar, E. I. P., & Sukma, Y. (2025). Learning numeracy using new Pempek mathematics. Journal on Mathematics Education, 16(1), 1–22. https://doi.org/10.22342/jme.v16i1.pp1-22

Salsabila, A., Hasanah, R. ., & Syahdani Br Sitepu, D. Hasanah, S. Z. H. (2024). Studi Literatur Review: Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 19–27. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.777

Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Vasile, C. (2024). Do we still need deep learning? Journal of Educational Sciences & Psychology, 14 (76)(1), 1–3. https://doi.org/10.51865/JESP.2024.1.01

Wathon, A. (2024). Kesesuaian Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum Deep Learning. ARZUSIN, 4(6), 1280–1300. https://doi.org/10.58578/arzusin.v4i6.4442

Wijaya, A. A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SDN 1 Wulung, Randublatung, Blora. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1950

Yang, H., & Zhang, X. (2024). Exploring Factors Affecting Students’ Deep Approach to Learning in Higher Education: An Empirical Study. Journal of College Student Development, 65(1), 79–94. https://doi.org/10.1353/csd.2024.a919352

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2019). New School Mathematics Curricula, PISA and PMRI in Indonesia (pp. 39–49). https://doi.org/10.1007/978-981-13-6312-2_3
Published
2025-12-04

Most read articles by the same author(s)