Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Redaksi Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) menerima naskah ilmiah dalam bidang yang berkaitan dengan pendidikan.
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Naskah juga harus memenuhi pedoman penulisan naskah dan belum pernah atau tidak dalam proses publikasi pada media lain, baik cetak maupun elektronik.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN NASKAH

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun penulisan naskah pada Jurnal “Perspektif Pendidikan” STKIP-PGRI Lubuklinggau:

  1. Naskah belum pernah dipublikasikan oleh jurnal lain yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis dari penulis bahwa naskah yang dikirim tidak mengandung plagiat.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris (lebih diutamakan), diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A-4, berbentuk 2 kolom. Naskah terdiri dari 1015 halaman, termasuk daftar pustaka dan tabel dengan MS Word fonts 11 (Times New Roman) dan dikirimkan ke Dewan Redaksi lewat email: jurnalperspektif@ymail.com atau ke laman: www.ojsstkippgri-lubuklinggau.ac.id
  3. Naskah berisi: 1) abstrak (75-200 kata) dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan kata-kata kunci dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia (maksimal 3 frase); 2) Pendahuluan (tanpa subbab) yang berisi tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian; 3). Landasan Teori jika diperlukan (antara 2-3 halaman); 4) Metode Penelitian;  5) Hasil dan Pembahasan yang disajikan dalam subbab hasil dan subbab pembahasan;  6) Kesimpulan; dan 7) Referensi.
  4. Kutipan sebaiknya dipadukan dalam teks (kutipan tidak langsung), kecuali jika lebih dari tiga baris. Kutipan yang dipisah harus diformat dengan left indent: 0,5 dan right Indent: 0,5 dan diketik 1 spasi, tanpa tanda petik.
  5. Nama penulis buku/artikel yang dikutip harus dilengkapi dengan “tahun terbit” dan “halaman”. Misal: Levinson (1987:22); Hymes (1980: 99-102); Chomsky (2009).
  6. Daftar Pustaka diketik sesuai urutan abjad dengan hanging indent: 0,5 untuk baris kedua dan seterusnya serta disusun persis seperti contoh di bawah ini:

Untuk buku: (1) nama akhir, (2) koma, (3) nama pertama, (4) titik, (5) tahun penerbitan, (6) titik, (7) judul buku dalam huruf miring, (8) titik, (9) kota penerbitan, (10) titik dua/kolon, (11) nama penerbit, (12) titik.

Contoh:

Rahman, Laika Ayana . 2012. Bahasa Anak Kajian Teoritis. Jakarta: Esis Erlangga. Febrina, Resa. 2010. Sanggar Sastra Wadah Pembelajaran dan Pengembangan Sastra. Yogyakarta: Ramadhan Press. 

Untuk artikel: (1) nama akhir, (2) koma, (3) nama pertama, (4) titik, (5) tahun penerbitan, (6) titik, (7) tanda petik buka, (8) judul artikel, (9) titik, (10) tanda petik tutup, (11) nama jurnal dalam huruf miring, (12), volume, (13) nomor, dan (14) titik. Bila artikel diterbitkan di sebuah buku, berilah kata “Dalam” sebelum nama editor dari buku tersebut. Buku ini harus pula dirujuk secara lengkap dalam lema tersendiri.

Contoh:

Noer, Suryo. 2009. “Pembaharuan Pendidikan melalui Problem Based Learning.” Konferensi Tahunan Atma Jaya Tingkat Nasional. Vol. 12, No.3. Sidik, M. 2008. “Sanggar Sastra Wadah Pembelajaran dan Pengembangan Sastra.” Dalam Dharma, 2008.

Untuk internet: (1) nama akhir penulis, (2) koma, (3) nama pertama penulis, (4) titik, (5) tahun pembuatan, (5) titik, (6) judul tulisan dalam huruf miring, (7) titik, (8) alamat web, (9) tanggal pengambilan beserta waktunya.

Contoh:

Surya, Ratna. 2010. Budaya Berbahasa Santun. http://budayasantun.dt.com. Diakses 14 Februari 2006, Pukul 09.00 Wib.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.