PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA SMPN O MANGUNHARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Quantum Learning. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, dengan desain Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N O Mangunharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Dengan teknik random sampling maka terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data skor tes siswa dianalisis dengan menggunakan uji t. berdasarkan hasil analisis data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf kepercayaan 0,5% didapat thitung = 2,12 dan ttabel = 1,67 karena thitung > ttabel, berarti rata-rata skor kelas eksperimen lebih besar dari daripada kelas kontrol, maka dapat disimpulankan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.
DePorter, B., & Reardon M. terjemahan Ary Nilandari. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Jihad, A., & Haris, A. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Suprijono. 2013. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widcaksana, H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MA-AL Muhajirin Tugumulyo. Skripsi tidak diterbitkan. Lubuklinggau: Program Studi Fisika, Jurusan MIPA STKIP PGRI Lubuklinggau.
Zuriah, N. 2005. Metodelogi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.