PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA (PERULTA) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 TRIKARYA
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA (PERULTA) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 2 TRIKARYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga (perulta) dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Trikarya. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil uji kevalidan diperoleh skor keseluruhan sebesar 0,78 dengan kategori cukup tinggi. Hasil dari uji kepraktisan dengan skor rata-rata keseluruhan 95,45 dengan kategori sangat praktis. Dan hasil dari uji efektifitas dengan skor rata-rata keseluruhan 0,77 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga (perulta) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektifitas.
References
Dana, D. S & Mulyani. (2020). Pengembangan Media Papan Ular Tangga Melingkar Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Materi Gaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(5), 1066-1077.
Lestari, F., Egok, A. S., Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 395-405.
MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75-83.
Siregar, L. R., Harlin., Syofii, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan Di Program Studi Pendidikan Teknik Medin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(2), 69-73.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunarti., M, A., Vebrianto, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Sains Untuk Mendukung Pemahaman Konsep Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 76-80.
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Widiana, I. W., Parera, N. P. G., Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 315-322.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.