MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran biologi kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model prosedural. Model yang dilakukan dengan tahapan prosedur pengembangan yaitu (1) Tahap perencanaan berupa analisis kebutuhan, menyusun Garis Besar Isi Media (GBIM) dan Jabaran Materi (JM), menyusun naskah (storyboard); (2) Tahap Produksi berupa persiapan, pelaksanaan, penyelesaian; (3) Tahap Evaluasi berupa evaluasi pramaster, revisi, uji lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web yang dikembangkan pada mata pelajaran biologi kelas X sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Berdasarkan beberapa tahapan uji coba, media pembelajaran berbasis web dikategorikan valid dengan dengan kriteria baik. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis web ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran mata pelajaran biologi serta dapat bermanfaat bagi guru, siswa, dan peneliti lanjutan.
References
Heru Supriyono, Sujalwo, Adjie Sapoetra, Endah Tri Rahayu. (2015). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi guru SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura. WARTA, Vol .18, No.2, September 2015: 98 – 109.
Putra, Nusa. (2011). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Tim EMS. 2014. Teoridan Praktik PHP-MySQL untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.