EFEKTIVITAS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN FISIKA

  • Yaspin Yolanda STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Ahmad Amin STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
  • Riska Sari STKIP PGRI Lubuklinggau, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Pendekatan Scientific, Besaran dan Pengukuran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas hasil belajar fisika siswa, aktifitas belajar siswa dan respon siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan Pendekatan Scientific di kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau Tahun pembelajaran 2017/2018 pada materi Besaran dan Pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini X.Mia.3 yang berjumlah 32 siswa dan diambil secara acak. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, lembar Observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung= 5,5946 > thitung = 1,697 disimpulkan bahwa “Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau efektif, aktifitas belajar siswa aktif dan respon siswa terhadap pembelajaran baik dan hasil belajar fisika siswa meningkat.

References

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rinekacipta

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rinekacipta

Baskoro, Febri dkk. 2013. Upaya peningkat aktivitas dan prestasi belajar dengan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS pada materi Termokimia siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta.Jurnal pendidikan kimia, 2, (2), 85-91.

Baroh.2010. Efektivitas Metode Simulasi pada Materi Peluang Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/8707/5/.pdf
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: AsdiMahasatya.

Guspianti, Berta. 2015 Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Scientific dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika kelas X di SMA Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Lubuklinggau: Skripsi STKIP-PGRI Lubuklinggau

Haris, Abdul & Jihad, Asep. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Maisaroh & Rostrieningsih. 2010. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, (8), 2.157-171.

Mappeasse, Yusuf muh. 2009. Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Programmable Logic Controller (PLC) siswa kelas III Jurusan listrik SMK Negeri 5 Makasar.Jurnal MEDTEK, (1), 2. 1-6.

Oktaviani, Dyah & Nurhayati dkk. 2016. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Scientific Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Tkj Smk Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016.

Purwanto, M. Ngalim. 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumiaksara.

Sari. Aprilia Yurike. 2016. Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika kelas X SMA Negeri Purwodadi Tahun Pelajaran 2015/2016. Lubuklinggau: Skripsi STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori danAplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yolanda, Y. 2015. Keterampilan Proses Sains Sebagai Penilaian Pembelajaran sebagai Implementasi Kurikulim 2013. Prosiding Seminar Nasional Matematika II. ISBN 9876027399129.

Zaelani, Ahmad dkk. 2006. 1700 Bank soal bimbingan pemantapan fisika untuk SMA/MA. Bandung: Yrama Widya
Published
2018-12-31