PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SUBTEMA I SUHU DAN KALOR KELAS V SD NEGERI 79 LUBUKLINGGAU

Development, Of Student worksheet (LKS) based on Contextual Teaching and Learning SubTheme 1 Temperature and Heat For Cadas V SD Negeri 79 Lubuklinggau

  • Kesi Anggraini Universitas PGRI Silampari
  • Fitria Lestari Universitas PGRI Silampari
  • Dedy Firduansyah Universitas PGRI Silampari
Keywords: Stundent Worksheet, Contextual Teaching and Learning, Temperature and Heat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis Contexual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas V SD Negeri 79 Lubuklinggau untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D pada model memiliki empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis data yakni kevalidan ahli bahasa sebesar 0,75, ahli media sebesar 0,89, dan ahli materi sebesar 0,76. Berdasarkan hasil analisis ketiga ahli validator mendapatkan  nilai rata-rata 0,80 menunjukan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid. Analisis kepraktisan guru dan siswa  yang terdiri dari 6 orang bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu  dan Kalor mendapatkan nilai rata-rata 95,45% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis dan mempunyai efek potensial  95% dapat di kategorikan sangat baik. Disimpulkan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efek potensial sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis Contexual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas V SD Negeri 79 Lubuklinggau untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D pada model memiliki empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Hasil analisis data yakni kevalidan ahli bahasa sebesar 0,75, ahli media sebesar 0,89, dan ahli materi sebesar 0,76. Berdasarkan hasil analisis ketiga ahli validator mendapatkan nilai rata-rata 0,80 menunjukan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid. Analisis kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari 6 orang bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor mendapatkan nilai rata-rata 95,45% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis dan mempunyai efek potensial 95% dapat di kategorikan sangat baik. Disimpulkan bahwa LKS berbasis Contextual Teaching And Learning Subtema 1 Suhu dan Kalor telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efek potensial sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

References

Algiranto, A., Nikat, R. F., & Sulistiyono, S. Analysis of Students' Science Process Skills Assisted with Digital Worksheets on Temperature and Heat Materials. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 37-43.

Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Di SMP Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129-139.

Eka, T, B & Baidlawie. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 689-705.

Febriandi, R. (2019). Validasi LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. JP3D, 2(2), 148-158.

Fitia, D, A. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Kelas Xdi SMA 1pitu Rias Kab.Sidra. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2),14-28.

Gitriani, R (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematik,3(1),40-48. Hidayat, A. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Cendekia, 1(2), 51-63.

Lestari, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis CTL Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA/MA Kelas XII Subkonsep Kultur Intro. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 32-44.

Maisaroh. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPS Materi Daur Ulang Air Kelas V. Jurnal Penilitian Tindakan Kelas dan Pengapdian Masyarakat, 1(3), 235-241.

Muslimah, L. L. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1926-1939.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Purwanti, P. (2020). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran (Cai) Pada Mata Pelajaran Fisika Kompetensi Dasar Konsep Bunyi Kelas Viii Smp Negeri 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(1), 1-10.

Rusman. (2018). Model-Model Pembalajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Sebayang, S. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Meda. Jurnal Ilmu Manajemen, 2 (2), 105-114).

Sistyarini, D, I. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 581-584.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Wardathi, A. N. (2019). Kelayakan Aspek Materi, Bahasa dan media pengembangan Buku Ajar Statistik Untuk Pendidikan Olahraga Di IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Efektor, 6 (1), 61-67.

Yati, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV. Jurnal Pedir Research Intsitute, 280-289.
Published
2023-12-17