PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI JAYALOKA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika yang masih di bawah KKM. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka. Jenis peenelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design, desain yang digunakan adalah Pre-test post-test control grodup design. Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Jayaloka yang berjumlah 135 siswa. Dua kelas menjadi sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X MIPA 4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes yang berbentuk soal essay sebanyak 5 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t terhadap nilai akhir dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena sesuai kriteria thitung > ttabel yaitu 5,48 > 1,997. Jadi, ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka.
References
Apriani, D.N dkk. 2012. Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Beljar dan Keterampilan Generik Sains Siswa. Journal unnes Chemistry in Education Vol.02 No.01.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajaroh & Dasna. 2010. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jakarta : Grasindo.
Imaniyah dkk. 2015. Pengaruh Model Pmbelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol.01 No.01, Hal.17-24.
Mitrayani dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA Di SMA Negeri 10 Palembang.” Jurnal Pendidikan Biolog, Vol. 09 No. 01, Hal.14-26.
Nurdiansyah, Doni. 2019. Brilian Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statiska. Bandung : Tarsito.
Sugiyono. 1997. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suherman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Sumiayati dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah Vol.1 No. 1 Hal.43
Tim Penyusun. 2021. Pedoman Penulisan Skipsi. Lubuk Linggau: STKIP-PGRI LubukLinggau.
Zulaiha, Rahmah. 2012. Analisis Soal Secara Manual. Jakarta: PUSPENDIK.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.