ANALISIS KEBUTUHAN LKPD FISIKA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DI SMP SABILILLAH KABUPATEN MUSI RAWAS

  • Wahyu Arini Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis POE, sehingga diperlukan studi pendahuluan yang terdiri atas studi literatur dan studi lapangan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data penelitian ini berupa lembar wawancara analisis kebutuhan guru, dan angket analisis kebutuhan peserta didik. Media pembelajaran yang akan dikembangkan berupa LKPD Fisika berbasis POE. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui bahan ajar digunakan guru, kendala saat pembelajaran berlangsung, dan bahan ajar diperlukan peserta didik. Hasil analisis kebutuhan 32 peserta didik kelas VIII SMP Sabililah  diperoleh 84,4% memiliki buku pegangan untuk belajar fisika akan tetapi, 97,7% peserta didik materi getaran dan gelombang di dalam buku pegangan sulit dipahami. Sehingga menurut 87,5% peserta didik buku pegangan yang digunakan belum mencukupi sebagai sumber belajar dan 95,5% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain untuk menunjang kegiatan belajar serta 93,7% peserta didik membutuhkan bahan ajar lain yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil tersebut menunjukkan perlunya dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis POE materi getaran dan gelombang.

References

Aida, T. N., Anggoro, S., & Andriani, A. (2019). Analisis berpikir kritis siswa melalui model POE (predict-observe-explain) di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 164-172.

Apriani, D. A., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorentasi Discovery Learning Dengan Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas V. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1(2), 246-256.

Arfani, Laili. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2): 81-97.

Azhar, Khoirul., Sa'idah, Izzah. (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak. Jurnal Al-Ta’dib, 10(2): 73-90.

Bajar, P. A., Avilla, R. A., & Camacho, V. M. I. (2015). Predict-explain-observe-explain (POE) approach: Tool in relating metacognition to achievement in chemistry. The Electronic Journal for Research in Science & Mathematics Education, 19(7). 1-21

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V Sd Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47-56.
Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis role playing game education Sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas pembelajaran matematika. Teknodika, 16(1), 10-21.

Fathiara, A., Badarudin, B., & Muslim, A. H. (2019). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan gemar membaca peserta didik melalui model predict observe explain berbasis literasi. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92-101.

Kusumaningsih, L. A., Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2020). PENERAPAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. PROGRES PENDIDIKAN, 1(3), 185-192.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 57-64.

Mulyani, S., & Farida, F. (2020). Pengembangan LKPD berorientasi eksperimen dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 89-102.

Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155-165.

Norsyela, N., Sabekti, A. W., & Pardi, H. (2022). Validitas LKPD Berbasis Predict, Explain, Observe, Explain (POE) Berbantuan Simulasi Phet Pada Materi Laju Reaksi. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 675-680.

Retnaningsih, Damar. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model NHT Pada Siswa Kelas V SD Negeri Panggang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (1). 806-807.

Rozi, F., & Hanum, C. B. (2019). Pembelajaran ipa sd berbasis hots (higher order thinking skills) menjawab tuntutan pembelajaran di abad 21. In Seminar Nasional PGSD Unimed (Vol. 2, No. 1, pp. 246-311).

Sahida, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1), 9-16.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Pri Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulistyorini, S., & Harmanto, Z. A. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik terpadu mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter (PPK) dan literasi siswa SD Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Sulistiyono, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Investigation untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Penguasaan Materi Siswa SMA. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 33-41.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2): 127-139.

Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65-72.
Published
2023-06-16

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2