PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 31 LUBUKLINGGAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 31 Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode experimen dengan design one-group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan peneliti berbentuk soal essay yang berjumlah 8 soal. Teknik pengumpulan data diambil menggunakan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-z. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan taraf α = 5% menunjukkan besar Zhitung = 5,07 dan Ztabel = 1,64. Karena Zhitung > Ztabel (5,07 > 1,64), yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Hα diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 31 Lubuklinggau signifikan tuntas dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,07.
References
Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Di SMP Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129-139.
Juliantoi, dkk. (2011). Teioiri dan Impleimeintasi Moideil Moideil Peimbeilajaran Inoivatif. Surabaya: Uneisa Univeirsity Preiss.
Ngalimun. (2012). Strateigi dan Moideil Peimbeilajaran. Yoigyakarta: Aswara Preissindoi.
Panei, A dan Dasoipang, M. D. (2017). Beilajar Dan Peimbeilajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keiislaman. 3. (2).
Rusman. (2010). Moideil-moideil peimbeilajaran. Jakarta: Rajawali peirs, 2011.
Rusman. (2014). Moideil-Moideil Peimbeilajaran. Jakarta: Rajawali Peirs.
Tampuboiloin. (2018). Peingaruh moideil peimbeilajaran PAIKEiM teirhadap hasil dan moitivasi beilajar siswa. Jurnal Civic Eiducatioin: (1). 1.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.