PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI RAKSA BUDI

  • M. Syahrun Effendi Universitas PGRI Silampari
  • Wahyu Asriniati Universitas PGRI Silampari
  • Sri Murti Universitas PGRI Silampari
Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Generatif, Menulis Teks Negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran generatif (generative learning) secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan siswa X SMA Negeri Raksa Budi dalam menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain onegroup pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Negeri Raksa Budi tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 119 siswa. Satu kelas ditetapkan sebagai sampel penelitian dengan teknik simple random sampling yakni kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dalam bentuk tes menulis teks negosiasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran generatif secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri Raksa Budi. Hal ini dibuktikan rata-rata nilai pada pre-test = 59,27 meningkat menjadi  75,27 pada post-test dengan hasil uji t bahwa thitung = 5,764 lebih besar dari nilai ttabel = 2,042  pada taraf signifikansi 5 %, dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) penelitian ini diterima.

References

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian. Jakata: PT. Rineka Cipta.

Ariza, Pratama. Thamizi, Hamid, dan A, Halim. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 (1), 149-153.

Asyani, Y., S. (2017) Efektivitas Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi. Jurnal Alinea, 6 (2), 90-95.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Debby, dan Mellisa. 2020. Teks Negosiasi. Bandung: Guepedia.

Effendi, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Bernalar terhadap Kemampuan Menulis (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Ogan Ilir-Sumatera Selatan yang Melaksanakan Kurikulum 2013). Disertasi Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Jakarta.

Kosasih, dan Kurniawan. (2019). 22 Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Nurliza, Adriani. Yudhi, Hanggar, dan Fitrah, Amelia. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMAN 5 Batam. Cahaya Pendidikan, 8 (1), 47-58.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta.

Patonah, S., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi di Kelas X SMK Lentera Bangsa. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). 1 (5), 807-814.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar. Ruzz Media.

Siddik, M. (2016). Dasar-Dasar Menulis. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Siswanto. W, dan Dewi, A. (2016). Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: Reflika Aditama.

Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Berbasis Aplikasi Prezi Pada Siswa Kelas X SMA. LOA. 14 (1) 77-84.
Published
2023-06-16