PENANAMAN NILAI TOLERANSI DAN KERAGAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK STORYBOOK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR 122365 PEMATANG SIANTAR

  • Lina Herlina Universitas Efarina
  • Putri Tampubolon Universitas Efarina
  • Putra Bronson Tampubolon Universitas Efarina

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya nilai toleransi dan keberagaman yang dapat kembangkan dengan strategi pembelajaran dilakukan oleh guru. Strategi pembelajaran sebagai upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran tematik storybook digunakan pada pembelajaran di sekolah dasar. Kajian yang digunakan pada artikel inii mengunakan kajian literature dengan mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan tema artikel yang dipilih. Data atau informasi yang berkaitan dengan penanaman nilai toleransi dan keragaman dan strategi pembelajaran. Konsep yang ditawarkan dengan implementasi strategi pembelajaran tematik storybook dapat memberikan pemahaman siswa terkait keberagaman dan dapat memberikan pemahaman nilai toleransi yang berdampak pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Media storybook berisi cerita yang mengambarkan keberagaman dan toleransi, dengan media storybook dapat mendukung penanaman nilai toleransi dan keberagaman terdapat kesesuaian kompetensi dasar dari kelas satu sampai enam mata pelajaran PPKn sekolah dasar.

References

Burden, P. R & Byrd, D. M (2013). Methods for effective teaching. Pearson Education: United State

Doganay, A. (2012). A curriculum framework for active democratic citizenship education. Print, M., & Large, D. (2012). Schools currikulum and civic education for building democratic citizens. Rotterdam: Sense Publisher.

Istiqomah, A., & Widiarti, P. W. (2016). Implementasi pendidikan multikultural sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional di SD Kanisius Eksperimental Mangunan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum,1-15.

Permendikbud 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetansi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menenggah.

Rahman, M. A. (2012). Kesalahan-kesalahan fatal yang sering dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Samani, M. & Hariyanto, M.S. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktek di tingkat sekolah dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
2022-06-28