PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 124395 PEMATANG SIANTAR

  • Lina Herlina Universitas Efarina
  • Fauza Shafira Universitas Efarina
  • Wendi Leonardo Purba Universitas Efarina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran IPSĀ  agar dapat menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 124395. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 124395 yang berjumlah 29 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model ikuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ini dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam mencari jawaban dari permasalah melalui berbagai tahapan dalam model inkuiri yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan dan atau informasi, melakukan uji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan hasil tes siswa dimana pada pra tindakan persentasenya 31,03%, pada siklus I meningkat menjadi 55,17%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,76%

References

Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Dadang Supardan. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Jasa U.M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media.

Muhammad. F. (2015). Model-Model pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nana. S. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka.

Rita Eka Izzat,dkk; (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY press.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Frenadamedia. Wijayah Kusuma. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks Permata Puru Media.

Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT remaja posdakarya.
Published
2022-12-17