TINGKAT KELAYAKAN BAHAN AJAR MATAKULIAH MORFOLOGI BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERITAS PGRI SILAMPARI

  • Tri Astuti Universitas PGRI Silampari
  • Nur Nisai Muslihah Universitas PGRI Silampari

Abstract

Dalam proses pembelajaran, bahan ajar memegang peranan yang sangat penting karena bahan ajar akan menentukan kualitas dan hasil pembelajaran. Oleh sebab itu, pentingnya memperhatikan tingkat kelayakan bahan ajar yang akan digunakan. Melalui penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) ini penulis bertujuan ingin mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar matakuliah Morfologi Bahasa Indonesia berbasis konstektual Tingkat kelayakan dalam pelitian ini dilihat dari hasil uji validasi ahli, uji kepraktisan, dan uji tingkat keterbacaan bahan ajar. Model penelitian pengembangan yang digunakan merupakan modifikasi model Borg and Gall. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester III Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Silampari yang mengambil mata Kuliah Morfologi Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan data angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data uji validasi desain sebesar 0.90 kategori validasi sangat tinggi, validasi materi 0,85 kategori validasi sangat tinggi, dan validasi bahasa 0.90 kategori validasi sangat tinggi. Jika dihitung rerata hasil uji validasi diperoleh tingkat validasi sebesar 0.88 dalam kategori sangat tinggi. Sementara hasil uji  kepraktisan melalui tiga kelompok evaluasi, yaitu evaluasi one to one diperoleh nilai kepraktisan 95% (sangat praktis), evaluasi small group tryout  diperoleh nilai kepraktisan 92.44% (sangat praktis), dan evaluasi field tryout diperoleh nilai kepraktisan 87.08 (sangat praktis). Rerata nilai kepraktisan diperoleh sebesar 88.58 kategori sangat praktis. Untuk tingkat keterbacaan mahasiswa terhadap buku ajar diperoleh rerata nilai hasil belajar sebesar 81.07 kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bahan ajar memiliki tingkat kelayakan yang sangat tinggi dan sangat baik.

References

Anshary, Iqbal dan Edidas. 2018. Pengembangan Trainer Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran dengan Metode Fault-Finding. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika UNP. p -ISSN 2302-3295, e-ISSN 2716-3989, Volume 6 No. 2, hal. 1-5.

Astuti, Tri. 2022. Morfologi Bahasa Indonesia (Bahan Ajar). Lubuklinggau: STKIP-PGRI Lubuklinggau.

Azwar, Saifuddin. 2015. Releabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baryadi, I. Praptomo. 2011. Morfologi dalam Ilmu Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Darma.

Budijanto, Jasmine Belinda., dkk. 2022. Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Morfologi Kontekstual Berbasis Multimodalitas. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. p -ISSN 2086-0609, e-ISSN 2614-7718, Volume 18 Nomor 1 Tahun 2022, Hal. 47-55.

Durohman, dkk. 2018. Pengembangan Perangkat Project Based Learning (PjBL) pada Materi Sistematika SMA. P-ISSN: 2579-9827, E-ISSN: 2580-2216, Vol. 2. No. 1.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM; dari Behavooristik sampai Konstruktivitis. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Katun, Sri dan Yayuk Sri Rahayu Budiawati. 2015. Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang Digunakan oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidkan Ekonomi. P-ISSN 1907-9990, E-ISSN 2548-7175 Vol. 9 No. 1, Hal. 129-146.

Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Nisa, Hany Uswatun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. p-ISSN: 2442-7470 | e-ISSN: 2579-4442 Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019, halaman 100-104

Prastowo Adi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Tim Penyusun Pedoman Akademik. 2022. Pedoman Akademik STKIP-PGRI Lubuklinggau. Lubuklinggau: STKIP-PGRI .

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Konstektual (Contekstual Teaching Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Published
2023-12-17

Most read articles by the same author(s)