Pengembangan Booklet Keanekaragaman Ikan Air Tawar di Wisata Air Dam Bagi Masyarakat Desa Bukit Ulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hasil pengembagan booklet keanekaragaman ikan air tawar di Wisata air Dam di Desa Bukit Ulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023-Januari 2024. Berdasarkan validasi booklet keanekaragaman ikan air tawar di Wisata air Dam Desa Bukit Ulu oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan hasil uji respon masyarakat, yaitu validator ahli materi dengan persentase 81%, validator ahli media dengan persentase 80%, validator ahli Bahasa dengan persentase 85%, dan hasil uji coba respon dari masyarakat Desa Bukit Ulu adalah sebesar 91,9% hal ini menunjukkan bahwa booklet yang dikembangkan telah dinyatakan sangat layak dan tidak perlu direvisi
References
Hamzah. (2019). Metode Penelitian & Pengembagan Research & Development. Malang: Literasi Nusantara Abadi
Imtihana, M,. Setiawan, A. Nur, A. (2014). Pengembagan Booklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa X SMA/MA, Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga.
Lestari, dkk. (2018). Pengembagan Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD. Wahan Didaktika.
Puspita, F. Y. Elfina Dan R Imelda. (2007). Aplikasi dregs and Trichoderma SP terhadap perkembangan penyakit kelapa sawit dan pada medium gambut di pembibitan utama. Laporan Penelitian. Pekanbaru.
Riduan. (2007). Pengantar Statistik Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung. Alfabeta.
Saputro. (2017). Keanekaragaman Seluang (Rasbora sp) Di Danau Teluk Kenali Kota Jambi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Karya Ilmiah.
Samitra, D., & Rozi, F, Z., (2018). Keanekaragaman Ikan di Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau. Jurnal Biota Vol.4. No.1.
Simamoro,R S. (2009). Buku Ajar Pendidikan. Jakarta:EGC.
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembagan Media Vidio Berbasis Powton Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesia Journal of Science Education), 8 (2), 2615-840X. DOI: 10.2481/jpsi.v8i2. 168:35.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.