PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI SUKAKARYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya setelah penerapan model Pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang dilakukan dengan tidak adanya kelas pembanding. Berdasarkan Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMA Sukakarya diperoleh nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas X hanya mencapai 67,65. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 72. Populasi adalah semua siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya yang berjumlah 60 siswa dan sampel kelas X.2 diambil secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,58 dan persentase jumlah siswa tuntas sebesar 61,54% dengan hasil uji-t dengan taraf kepercayaan 5% dan dk = n – 1 didapat thitung = 0,68 dan ttabel = 1,708. Karena thitung < ttabel maka hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri Sukakarya setelah diterapkan model Talking Stick tuntas namun tidak secara signifikan.
References
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Muawanah. 2014. Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Visual Dalam Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. 2 (16), 58-66.
Purwanto, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.