Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar

  • Cahyo Dwi Andita Universitas PGRI Silampari
  • Agnes Fibriana Kurniawati Universitas Katolik Musi Charitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang. 2) Hasil implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang. 3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara bersama informan yaitu kepala sekolah, guru kelas dan guru mapel di SD St. Agatha Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Di SD St. Agatha Palembang telah menerapkan pembelajaran berbasis model PjBL di setiap kelasnya. 2) Efek dari  penerapan model PjBL tersebut memiliki dampak positif bagi siswa berupa kemampuan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan kerjasama dan kolaborasi, meningkatkan tanggungjawab siswa dan keaktifan siswa, melatih siswa untuk mandiri dan kerja sama serta keterampilan penyelesaian masalah. 3) Faktor penghambat dalam implementasi PjBL diantaranya alokasi waktu yang terbatas, ketersediaan sumberdaya dan fasilitas terbatas, kurangnya pelatihan bagi guru, kemampuan manajemen proyek yang rendah, dan karakteristik siswa yang beragam (seperti kemampuan, minat).

References

Batubara, Juni Hidayati, Izzatul Muthmainnah, Alya Hamzah Panggabean, and Masnawari Harahap. 2024. “Analisis Strategi Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Jurusan KPI Semester 6.” Jurnal Ilmu Pendidikan 1(2):78–87.

Gitasmara, Rosa Dion Nur, and Andi Prastowo. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dengan Project Based Learning (PjBL) Untuk Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Magistra 15(1):11–22. doi: 10.31942/mgs.

Khaira, Ummul, Firman, and Desyandri. 2022. “Analisis Penggunaan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2):2884–98. doi: 10.36989/didaktik.v8i2.610.

Pramiswari, Elok Dara, Beti Istanti Suwandayani, and Tyas Deviana. 2023. “Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhammadiyah 03 Assalam.” Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 7(2):1–13.

Solissa, Everhard Markiano, Eni Rakhmawati, Rerin Maulinda, Syamsuri Syamsuri, and Iin Dwi Aristy Putri. 2024. “Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8(2):558. doi: 10.35931/am.v8i2.3284.

Sumilat, Juliana M., Dela Ilam, Marsela Vanesa Pangemanan, Amelia Ch M. Mangantibe, Evita Mukuan, and Nadia Kumontoy. 2023. “Analisis Implementasi Model PjBL (Project Based Learning) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ba 7(6):3980–88.

Zahra, Nazalia, and Siti Masyithoh. 2024. “Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Anak Sekolah Dasar.” ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(2):24–30.

Zuhdiyyah, Afifah Nur, Indah Nurhidayati, and Praptiningsih. 2023. “Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Al-Mau’izoh 5(2):9–11.
Published
2024-12-20