Pengembangan LKPD Suhu dan Kalor Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk 1) Menghasilkan LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry yang layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar peserta didik SMP kelas VII.2) Mengetahui penggunaan LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII. 3) Mengetahui penggunaan LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini adalah sebgai berikut 1) Kelayakan LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada aspek materi, aspek media dan aspek bahasa terhadap LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry. Pada aspek materi sebesar 55 termasuk dalam kategori “Baik”. Pada aspek media diperoleh nilai sebesar 45 termasuk dalam kategori “Baik” dan pada aspek bahasa juga diperoleh nilai sebesar 30 termasuk dalam kategori “Baik”. Sehingga LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran. 2) LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,81 (kategori tinggi). 3) LKPD suhu dan kalor berbasis guided inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,42 (kategori sedang).
References
Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Di SMP Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129-139.
Doyan, A., Gunada, W., & Adriani, I. A. D. (2015). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1).
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Isjoni. (2007). Cooperatif Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.
Putri, A. A. O., Gumay, O. P. U., & Sulistiyono, S. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMP IT Al-Furqon. Jurnal Perspektif Pendidikan, 18(1), 80-91.
Sulistiyono, S., & Triyanti, M. (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 357-364.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Triyanti, M., & Sulistiyono, S. (2023). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 270-280.
Wahidah, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 9-20.
Wihono, P., & Nuroso, H. (2022, December). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Lontar Physics Forum (pp. 169-176).
Wulandari, W., & Jariono, G. (2022). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Porkes, 5(1), 245-259.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.