Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia di STKIP Muhammadiyah Manokwari

  • Zaki Mubarok STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Elvi Rahmi STKIP Muhammadiyah Manokwari
  • Dian Indryani STKIP Muhammadiyah Manokwari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara mahasiswa dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan berbicara mahasiswa tergolong baik. Aspek intonasi menempati posisi tertinggi dalam kategori sangat baik, mencerminkan kemampuan mahasiswa dalam mengekspresikan gagasan secara ekspresif dan menarik. Selanjutnya, aspek konten dan kejelasan juga menunjukkan hasil positif, mengindikasikan bahwa mahasiswa mampu menyampaikan ide secara relevan dan mudah dipahami. Namun demikian, pada aspek kefasihan dan ketepatan, sebagian mahasiswa masih berada dalam kategori cukup, menandakan perlunya peningkatan dalam hal kelancaran berbicara serta penggunaan struktur bahasa yang tepat. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan program pelatihan berbicara yang menekankan praktik intensif serta pemberian umpan balik yang konstruktif. Dengan pendekatan tersebut, diharapkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pesan secara jelas, runtut, dan sesuai kaidah bahasa akan semakin meningkat. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran keterampilan berbicara di lingkungan pendidikan tinggi.

References

Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W. & Yuliastuti, C. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif: Teori dan panduan praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Azkiya, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort dan Motivasi Belajar dalam Mata Kuliah Keterampilan Bersastra Ke SD-an Mahasiswa Prodi PGSD. Jurnal Bahastra, 37(1), 32-44.

Bata, F. (2023). Melatih Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Berdiskusi Partisipatif dan Kolaboratif Mahasiswa Semester I Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Flores. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 147-157.

Hasanah, N. A., & Saugi, W. (2021). Fenomena ketidakpercayaan diri mahasiswa IAIN Samarinda ketika berbicara di depan umum. Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), 1-12.

Mariyono, D. (2024). Strategi Pembelajaran dari Teori ke Praktik Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif di Perguruan Tinggi. Nas Media Pustaka.


Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1014-1026.

Philip, P. W. K. (2022). Integrasi Sikap Spiritual Dan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Citra Bakti. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 11(1), 15-51.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabet.
Published
2025-06-17