Pengaruh Pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap Sikap Patriotisme Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau

  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Pengaruh, PengajaranSejarah Nasional Indonesia, SikapPatriotisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap sikap patriotismsiswa kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2009/2010.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 1 Lubuklinggau yang berjumlah 40 orang siswa.Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara.Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus product moment.Hasil orientasi sementara menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah belum kondusif untuk memberikan pengaruh terhadap sikap patriotisme siswa.Lemahnya kesadaran sejarah di kalangan siswa SMU tersebut, tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor yang menyangkut; substansi, pendekatan, maupun strategi pembelajaran yang kurang menunjang. Dari hasil penghitungan menggunakan product moment menunjukkan bahwa t hitung 0,136 < t tabel 0,316. Dengan demikian, tidak ada pengaruh pengajaran sejarah nasional terhadap sikap patriotisme di SMA PGRI 1 Lubuklinggau.

References

Abdullah, Taufik.1996. DiSekitar Pengajaran Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Ali, Mohammad.1999. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta : Bhatara.
Gazalba, Sidi.1966. Pengertian Ilmu Sejarah. Jakarta: Bhatara.
Gruning, D. 1978. The Teching of History. London: Croom Helm.
Hugiono dan Poerwantana.1987. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bina Aksara.
Ibrahim, Bakadal.1995. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasi. Jakarta: Bina Aksara.
Isjoni.2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kartodirdjo, Sartono. 1989. Identitas Nasional dan Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Meulen, Vander.1987. Serba Serbi Pengajaran Sejarah. Yogyakarta : Kanisius.
Olivia, Peter F.1982. Developing The Curriculum. Boston : Brown and Company.
Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi. 1995. Pengelolaan Pengajaran Sejarah. Semarang: Rineka Cipta.
Sjamsuddin dan Ismaun.1996. Paradigma Pendidikan Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Sukardi. 2004. Hubungan antara Sikap terhadap Nilai Sosio Budaya dan Wawasan Kebangsaan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah. Laporan Hasil Penelitian. Palembang: Universitas PGRI Palembang [Tidak dipublikasikan].
Sumaryono, E.1993. Hermeneutik Sebuah Metode Fungsi Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Suryo, Joko.1991. Pengajaran Sejarah Globalisasi Kehidupan.Dalam Historiska N0. 5 Tahun VI. Surakarta : PPs UNJ.
Published
2013-06-30