Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 3 Lubuk Linggau: Studi Kuasi Eksperimen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelas: eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 20 soal pilihan ganda yang telah divalidasi ahli. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 84,1 sedangkan kelas kontrol hanya 73,3. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL efektif meningkatkan hasil belajar fisika. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif di SMP
References
Purnomo, A., et al. (2022). Buku Pengantar Model Pembelajaran. Yayasan Mamjah Diha.
Pujiyanti, A., et al. (2021). Penerapan Model PBL Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika. Physics Education Research Journal.
Rerung, N., et al. (2017). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.
Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Triyanti, M., & Sulistiyono, S. (2023). Pengembangan Modul IPA Berbasis Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Pengetahuan Faktual dan Konseptual Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 270-280.
Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.