Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 09 Lubuklinggau
Abstract
Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan inti yang harus diikuti oleh siswa karena pembelajaran ini digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain dan menambah pengetahuan yang akan menjadi bekal di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Peta Konsep dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 09 Lubuklinggau dan menghasilkan LKS yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model yang digunakan adalah 4D. Objek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas LKS dilihat dari aspek validitas dikatakan masuk dalam kategori valid dengan koefisien Aiken v untuk ahli bahasa 0,85, ahli material 0,80, ahli media 0,76 dengan kategori tinggi. Sementara itu, hasil analisis penilaian kepraktisan LKS guru dan siswa memenuhi kriteria praktik dengan nilai rata-rata 76%, dan efektivitas dengan rata-rata 84,9%, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS dalam pembelajaran IPA memenuhi kriteria yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
Aminah, S.. 2022. Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (3): 244–46.
Anjar P., Mahariska, dan Husamah. 2023. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas 4 Sdn Sumbersari 2 Kota Malang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1): 4653–61.
Aulia, D., et al. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Mind Mapping pada Pokok Bahasan Alat Optik di SMA. Hamzanwadi Journal of Science Education, 2024, 1.2: 22-29.
Chusni, Minan, M., Sanjaya, M.R., Qarry Munifah Assani, dan Ranti Suryani. 2018. Belajar dan Pembelajaran Fisika Seri: Peta Konsep, Bagan Konsep, dan Peta Pikiran. Fitrah :Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 3.
Destiara, M. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(2), 73–78.
Fuadiah, N. F., & Lubis, P. H. (2023). pengembangan e-lkpd berbasis mid mapping pada materi siklus hidup hewan kelas IV sekolah dasar. Jurnal Holistika, 7(2), 162-170.
Hakim, et al. 2021. “Pengembangan LKPD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD N Mergosono 1 Malang.” In Seminar Nasional PGSD UNIKAMA
Hakim, Arief Rahman. dkk. 2021. “Pengembangan LKPD Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD N Mergosono 1 Malang.” In Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5:149–57.
Lani, Mei, Nyiayu F. F, dan Patricia H.M Lubis. 2024. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Mind Mapping Pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 7 (2): 162.
Lestari, M. P., & Charli, L. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) IPA Berbasis Scientific pada Siswa Kelas V Sdn 10 Lubuklinggau. Jurnal Guru Kita, 8(3), 497-503.
Nopasari, M., & Charli, L. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 6 MUARA RUPIT. Linggau Journal Science Education (LJSE), 4(1), 140-149.
Pawestri, Elok, Zulfiati, H.M. 2020. “Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 6 (3): 903–13.
Rustamana, Agus, Khansa Hasna Sahl, Delia Ardianti, Ahmad Hisyam, Syauqi Solihin, Universitas Sultan, Ageng Tirtayasa, Jl Raya, Ciwaru No, dan Serang Banten. 2024. “Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan.” Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra 2 (3): 60–69.
Sahvira, Ade, Hafid, Abd., dan Sudirman. 2021. “Hubungan Pembelajaran Online Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1 (2): 216–24.
Seri Lestari, Rora Rizky Wandidni. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Tematik Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Pada Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4:1349–58.
Sulistiyono, S., & Arini, W. (2024). Pengembangan LKPD Suhu dan Kalor Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII. JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN, 18(2), 204-213.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuanlitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tariihoran, T. A., Charli, L., & Hajani, T. J. (2024). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA SPINNING WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 59 LUBUKLINGGAU. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 6(1), 7-14.
Zulawaliah, et al. Pengembangan Lkpd Berbasis Mind Mapping Pada Materi Pokok Pikiran Kelas V Mis Madani Alauddin Makasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2024, 6.1: 11-20.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.