Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah pada siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau. Hal ini sesuai dengan rumusan permasalahan dalam penelitian, yaitu: Apakah ada pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau? Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan penggunaan dua sampel penelitian yang dipilih secara acak kelas sehingga terpilih kelas XI IA sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping dan kelas XI IS sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes (wawancara) pada guru bahasa Indonesia. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis uji “t” (uji perbedaan dua rata-rata) didapat t hitung = 5,70. Selanjutnya t hitung dikonsultasikan dengan nilai t tabel dengan db = (n1 + n2 – 2) = (32 + 38 – 2) = 68. Dikarenakan 68 tidak terdapat pada tabel, maka digabungkan db = 120. Lalu dibandingkan dengan t tabel dalam taraf signifikan 5 % diperoleh t tabel1,98 dan taraf kepercayaan 1% diperoleh t tabel 2,62. Jadi, hipotesis Alternatif (Ha) diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel (5,59 > 1,98 dan 5,59 > 2,62). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa kelas XI SMA Al-Ikhlas Lubuklinggau, teruji kebenarannya.
References
Hudojo. 2009. Peta Konsep. Jakarta: Makalah disajikan dalam Forum Diskusi Pusat Pembukuan Depdiknas.
Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Totok, D. dan Bambang Supriyadi. 2009. Menulis Artikel dan Karyam ilmiah. Bandunng: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jarkarta: Kencana.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.