Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau Tahun Ajaran 2012/2013

  • Noermanzah N. STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP. Metode yang digunakan berupa metode deskriptif dengan sampel penelitian yaitu SMPN 1 Kota Lubuklinggau, SMPN 5 Kota Lubuklinggau, dan SMPN 10 Kota Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut: transkripsi, identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Semester I di SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau tahun ajaran 2012/2013 berdasarkan KTSP karena berdasarkan hasil analisis dokumentasi silabus dan RPP, para guru masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam menuangkan kegiatan pembelajaran (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup) ke dalam bentuk nyata dan penyusunan instrumen penilaian belum berbasis proses (autentic assessment). Untuk itu, diperlukan kontrol dan evaluasi terhadap produk silabus dan RPP oleh berbagai pihak yang terkait.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Panduan KTSP Terpadu (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Pustaka Yustisia.
Isdisusilo. 2012. Panduan Lengkap Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Muslich, Masnur. 2008. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan): Dasar-dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia.
Subiyakto, Sri Utari N. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syafi‟ie, Imam. 1997. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2013-12-31