Perbedaan Penerapan Metode Pratikum dengan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Lubuklinggau

  • Nopa Nopiyanti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Ria Dwi Jayati STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Nurhasanah N. STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Metode Pratikum, Metode Diskusi, Hasil Belajar Kognitif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa Prodi. Pendidikan Biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II berjumlah 2 kelas yang diambil secara acak. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dengan teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji Independent sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara penerapan metode pratikum dengan metode diskusi terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Perbedaan ini ditunjukkan bahwa hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode praktek lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan penerapan metode diskusi.

References

Anderson, dkk. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen: Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Herry. 2007. Pemilihan Metode Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Legiman. 2012. Metode Pratikum dalam Pembelajaran IPA. Jurnal. (Legiman.maman.@yahoo.co.id).
Miftah Ayip. 2011. Kemampuan Kognitif Menurut Revisi Taksonomi Bloom. (http://ayip7miftah.wordpress.com/2011/12/06/kemampuan-kognitif-menurut-revisitaksonomi-bloom/.Diakses pada tanggal 28 Juni 2012.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Wuryadi. 1999. Konsep Pendidikan Biologi dan Implementasinya dalam Penelitian. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Published
2013-12-31

Most read articles by the same author(s)