Analisis Kritis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Terintegrasi Kurikulum Berbasis Cinta dalam Konteks Perkembangan Teknologi Abad 21

  • Indah Cahaya Universitas Jambi
  • Rayandra Asyhar Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi
  • Syaiful Syaiful Universitas Jambi

Abstract

Perkembangan teknologi abad 21 membawa perubahan besar terhadap paradigma pendidikan untuk tidak hanya menghasilkan individu yang cerdas secara intelektual, tetapi juga berkarakter kuat, empatik, dan berakhlak mulia. Penelitian ini menganalisis secara kritis penerapan Kurikulum Berbasis CINTA (KBC) dalam pembentukan pendidikan karakter siswa di era digital sebagai fondasi utama pengembangan manusia seutuhnya. Kurikulum ini berfokus pada pengintegrasian nilai kasih, empati, dan spiritualitas ke dalam proses pembelajaran abad ke-21 yang menekankan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Dengan pendekatan kualitatif dan analisis reflektif, studi ini mengungkap bahwa teknologi harus berfungsi sebagai sarana humanisasi, bukan dehumanisasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Berbasis CINTA mampu menumbuhkan karakter humanis, tangguh, membentuk karakter siswa yang adaptif, dan berintegritas melalui sinergi nilai cinta dan literasi digital. Tantangan utamanya terletak pada kesiapan guru, dukungan kebijakan, dan internalisasi nilai dalam budaya sekolah. Kurikulum ini dinilai relevan dan bersinergi antara guru, sekolah, orang tua, dan masyarakat yang menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual demi mewujudkan generasi Indonesia Emas 2045.

References

Alfariz, M. R., & Al Mufti, A. Y. (2025). Analisis Peran Guru PAI dalam Internalisasi Nilai Kejujuran Melalui Pembiasaan. Ansiru.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Arthur, J., Harrison, T., & Taylor-Collins, E. (2020). Character education: The formation of virtues and dispositions in 21st century schools. Routledge.

Atawuwur, E. A. Y., & Komalasari, K. (2023). Educator Efforts in Character Development Responsibility of Students in the Digital Era. Proceedings of the International Conference on Education. Atlantis Press.

Azimah, L. (2025). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Islami Anak Usia Dini. UIN Malang.

Cahyaningtyas, R. D., & Wardani, A. E. (2025). Islamic Character Education in the Digital Era: A Case Study of Junior High Schools. Journal of Islamic Studies in Education and Innovation.

Cahyanto, B., & Dina, L. N. A. B. (2025). Innovation of Islamic Elementary School in Strengthening Religious Character: Adaptive Strategy in the Digital Era. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Cholis, N. (2025). Analisis Pendidikan Islam terhadap Penguatan Akhlak Siswa Sekolah Dasar. JTP. Chumairo, C. (2025). Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa. UIN Malang.

Farrington, C. A. (2021). Learning mindsets and skills in character education. Journal of Character Education, 17(2), 7–24. Fauziah, L. I., Ridwan, R., & Sutiyono, A. (2025). Islamic Religious Education Teachers' Parenting in Developing Religious Character. JIK.

Firmansyah, A., Yudha, M., & Suyato, S. (2024). The Importance of Humanism Education for Primary School Children in the 21st Century Globalization Era. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter.

Fullan, M., & Langworthy, M. (2014). A Rich Seam: How New Pedagogies Find Deep Learning. Pearson. Howard, R. W. (2022). Character education for the 21st century: An integrated approach. Educational Review, https://doi.org/10.1080/00131911.2021.1880417 74(5), 689–704.

Jubilee Centre for Character and Virtues. (2020). A Framework for Character Education in Schools. University of Birmingham.

Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khadijah, I., & Gunawan, M. M. (2025). Model Pembelajaran PAI Interaktif dan Kontekstual: Strategi Membangun Karakter Murid. JPI.

Lickona, T. (2012). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. Simon & Schuster.

Listiana, H., Muhlis, A., & Nada, Z. Q. (2025). The Pedagogy of Love: Islamic Curriculum Reform for Moral, Spiritual and Science Transformation. Atlantis Press.

Lubis, Y. P. S. (2025). Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran PAI. UIN Sunan Gunung Djati.
Mujahidin, I., Sulaeman, I., & Qonitah, M. (2025). The Relationship Between Innovative Learning Management of a Love-Based Curriculum and the Improvement of English Communication Competence. Al Irsyad: Jurnal Studi Islam.

Narvaez, D. (2021). Embodied morality and character development. Journal of Moral Education, 50(3), 311–328.

Ningsih, P. U. W. (2025). Peran Guru PPKN dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. ULB Repository.

Nucci, L., & Narvaez, D. (2020). Handbook of Moral and Character Education (2nd ed.). Routledge.

Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Corwin Press.

Purnamasari, R., Muntomimah, S., & Huda, C. (2025). Internalisasi Nilai Aswaja melalui Pembiasaan Perilaku Tawadhu’ pada Anak Usia 5–6 Tahun. Jurnal PAUD.

Putri, A. A. (2025). Implementasi Pembiasaan Bahasa Jawa Krama dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. UIN Gusdur.

Qonita, E. M. (2025). Strategi Pesantren dalam Pembentukan Self-Adjustment Santri Baru. UIN Malang.

Rahmawati, E. R. (2025). Peran Guru dalam Mencegah Kekerasan Verbal pada Anak di PAUD. JIRE.

Ramadhan, M. R. (2025). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa. UIN Malang.

Saputra, R., & Sapriya, S. (2024). Teachers’ Perceptions of the Character of Love for the Country in Elementary Schools. Jurnal Cakrawala Pendas.

Shiddiq, M. Z. A. (2025). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dengan Sistem Pendidikan Integral. UIN Malang.

Sholehah, A., Samak, S., & Wahdian, A. (2025). Analisis Implementasi Nilai Pancasila dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Pendas.

Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education.

Sukiman, S., & Suyatno, S. (2021). Revitalizing Love and Compassion Values Education in National Curriculum in Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Sulthoni, M. S., & Mukaromah, H. (2025). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Senam Pagi di SDN 4 Wagir Lor. SSA Journal.

Sumardjoko, B., & Prasetyo, A. (2025). Integrated Pancasila and Civic Education Learning Model for 21st Century. Atlantis Press.

Timang, M. A. F. (2025). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Bagi Siswa. Widya Yuwana.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Voogt, J., & Roblin, N. P. (2012). A Comparative Analysis of International Frameworks for 21st Century Competences: Implications for National Curriculum Policies. Journal of Curriculum Studies, 44(3), 299–321.

Wardana, L. F. D. (2025). Internalisasi Nilai Keagamaan melalui Kurikulum Madrasah Diniyah. UIN Malang.

Wartinah, W., & Hidayat, N. (2025). Character Education as a Moral Foundation for Children in The Digital Era (Literature Conceptual Review). Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam.

Welnita, W. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Karakter dan Dampaknya kepada Prestasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Islam.

Widiastuti, I. A. M. S., & Krismayani, N. W. (2022). CINTA as an Effective Learning Model to Improve Students’ Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Instructional and Educational Technology (IJIET).

Yunanda, D. A. (2025). Konstruksi Sosial Tradisi Beas Perelek dalam Membentuk Karakter Siswa. UNJ Repository.

Zhao, Y. (2012). World Class Learners: Educating Creative and Entrepreneurial Students. Corwin Press.
Published
2025-12-03