Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Sistem Ekskresi Manusia dengan Menggunakan Certainty Of Respons Index (CRI) Kelas VIII-A SMP Negeri 15 Rendani Kabupaten Manokwari
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang melibatkan 30 peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 15 Rendani Kabupaten Manokwari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pilihan benar salah yang disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dengan skala 0-5 yang bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat pemahaman peserta didik pada materi sistem ekskresi. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi peserta didik pada konsep pengertian sistem ekskresi sebesar 21,87%, konsep organ-organ sistem ekskresi sebesar 34,37%, konsep fungsi organ-organ ekskresi sebesar 31,25%, konsep mekanisme kerja sistem ekskresi sebesar 34,47%, dan Gangguan dan penyakit sistem ekskresi sebesar 31,25%. Adapun rata-rata miskonsepsi peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia sebesar 31% dan rata-rata persentase miskonsepsi peserta didik tersebut masih tergolong rendah.
References
Banila, L., Hana, L., Ridwan, S. 2021. Penerapan Blended Learning dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Biology Learning, Vol 3 (1), 25-33. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Dahar, R.W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Farid, A., Indrayati, T. 2024. Penerapan Kurikulum Outcome Based Education dalam Mewujudkan Warga Negara Demokratis. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan, Vol 4 (24), 9-18.
Firdayanti, Y., Susilo, V., Narulita, E. 2020. Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Pokok Bahasan Sistem Organisasi Kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, Vol 6 (1) , 11-18. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i1.5678.
Hakim, A., Liliasari., Kadarohman, A. 2012. Student Concept Unserstanding of Natural Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Science, Vol 4 (3), 544-553.
Hasan, S. B. D., Kelley, E.L. 1999. Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Phys. Educ, Vol 34 (5), 294-299.
Hasanah, N.N., Supeno., W. 201). Kekuatan Retensi Siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Pokok Bahasan Momentum dan Impuls Menggunakan LKS Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, Vol 2 (1), 25–32.
Rustaman & Lufri. 2016. Pembelajan Masa Depan Melalui STEM. Prosiding SEMNAS Bio-Edu 1, http://econference.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/NCBE/SemNas-Bio-Edu 3/paper/view/328/130, Diakses 25 April 2025.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Samiha, Y.T., Agusta, E., Rolahnovisa, G. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Aba Lematang Ilir Pendopo. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, Vol 3 (1), 38-46.
Savitri, D. (2024, July 22). Mengenal kurikulum berbasis OBE yang jadi acuan penilaian lembaga akreditasi. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-7451471/mengenal-kurikulum-berbasis-obe-yang-jadi-acuan-penilaian-lembaga-akreditasi
Sheftyawan, W.B., Trapsilo, P., Albertus, A.L. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four Tier Diagnostic Test pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 7 (2), 147-153.
Shofiyah, N. 2021. A Misconception Investigation of Ninth Grade Students about Magnetism, Pedagogia. Jurnal Pendidikan, Vol 10 (2), 79-88.
Sukmawati., Hartati., Abdul, M. 2023. Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada Konsep Substansi Genetik Menggunakan Metode CRI (Certainty of Response Index. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, ISSN: 2963-2137.
Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo.
Turmuzi, M. 2021. Konsep Pendidikan dan Islam sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 (12), 261-282.
Utami, I., Mulyani, B., Yamtinah, S. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Asam-Basa dengan Two Tier Multiple Choice dilengkapi Interview. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 1 (1), 89-97.
Widarti, H. R., Permanasari, A., Mulyani, S. 2016. Student misconception on redox titration (A challenge on the course implementation through cognitive dissonance based on the multiple representations). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 5 (1), 56–62. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5790

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









