Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Suhu, Kalor dan Pemuaian Kelas VII SMP Muhammadiyah Jajaran Baru II

  • Susi Irawati Universitas PGRI Silampari
  • Reka Putri Universitas PGRI Silampari
  • Sulistiyono Sulistiyono Universitas PGRI Silampari

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam memahami konsep-konsep fisika, khususnya materi suhu, kalor, dan pemuaian. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model Discovery Learning. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri atas 28 peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Jajaran Baru II. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar berdasarkan model ARCS yang mencakup aspek attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada setiap indikator setelah penerapan model Discovery Learning. Penerapan model ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, yang ditunjukkan melalui peningkatan skor dari pra-siklus hingga akhir Siklus II. Motivasi belajar peserta didik meningkat dari 55% pada pra-siklus (kategori kurang), menjadi 74% pada Siklus I (kategori baik), dan mencapai 86% pada Siklus II (kategori sangat baik). Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning dapat direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi IPA, khususnya suhu, kalor, dan pemuaian

References

Hardanie, B. (2021). Ilmu pengetahuan alam (Buku guru) Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbudristek.
Hidayat, R., & Abdillah, M. S. (2019). Buku ilmu pendidikan. Medan: Penerbit Buku Umum dan Perguruan Tinggi.

Hotang, L. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA N 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56–68. https://ejournal.walisongo.ac.id/index.php/perj/index

Lestari, S. H. (2021). Buku panduan guru: Ilmu Pengetahuan Alam SMP kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbudristek.

Masdariah, M., Nurhayati, B., & Rachmawaty, R. (2018). Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 551–556.

Musdiani. (2019). Analisis Model Pembelajaran Terhadap Cara Mengajar Guru Untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas V SD Negeri Pante Cermin. Jurnal Pendidikan, 6(1).

Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1134

Respati, I. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Scientific Metode Tanya Jawab Disertai Reward. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 6, 56–61. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg

Sabere, K. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 53–61. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/6606/6372.

Sartika, S. B. (2022). Buku ajar belajar dan pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, dan mixed method. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/6187/5167/11729.

Yudin, C. (2019). Pengantar pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Published
2025-12-03

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2