Analisis Manfaat Media Digital Berbasis Budaya Terhadap Kemampuan Literasi dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Abstract
Penelitian ini menganalisis manfaat media digital berbasis budaya terhadap kemampuan literasi dan pemahaman konsep matematika siswa. Transformasi digital dalam pendidikan menciptakan peluang baru untuk mengintegrasikan teknologi dengan kearifan lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh mana media digital berbasis budaya dapat meningkatkan kompetensi literasi digital dan pemahaman matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), mencakup analisis berbagai penelitian relevan dari tahun 2020 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital berbasis budaya meningkatkan literasi digital siswa hingga 42% dan pemahaman konsep matematika hingga 38%. Media ini juga berkontribusi dalam pelestarian nilai-nilai budaya lokal, meningkatkan motivasi belajar, dan memperkuat karakter siswa. Meskipun demikian, tantangan seperti kesenjangan digital dan keterbatasan infrastruktur teknologi perlu ditangani. Kesimpulannya, media digital berbasis budaya efektif dalam meningkatkan literasi dan pemahaman matematika serta mendukung pelestarian budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif.
References
Anisa, M., Putri, R. N., Regina, Y., & Nugraha, D. (2022). Pengembangan media tiktok pada mata pelajaran IPS perubahan sosial budaya sebagai modernisasi bangsa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6998-7006.
Azizah, N. R. (2021). Implementasi literasi budaya dan kewargaan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa Madrasah Ibtidaiyah di tengah pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.
Bunga, K. W., Laksana, D. N. L., & Kaka, P. W. (2022). Analisis kebutuhan sumber belajar berbasis budaya lokal bagi guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 248-255.
Candani, A. T., & Budiana, S. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Matematika dengan Media Canva Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 132-141.
DeCoito, I., & Richardson, T. (2016). Using technology to enhance science literacy, mathematics literacy, or technology literacy: Focusing on integrated STEM concepts in a digital game. In Improving K-12 STEM education outcomes through technological integration (pp. 1-22). IGI Global.
Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(3), 8333-8341.
Halum, Y. S., Selamat, E. H., Rondas, T. F., Mbohong, Y. C., & Nagi, Y. D. (2021). Promosi Budaya Dan Pariwisata Berbasis Media Digital: Meningkatkan Kesadaran Kaum Muda Terhadap Warisan Budaya Lokal. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 91-100.
Hariyono, M., & Widhi, E. N. (2021). Geoshape digital: Media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 35-50.
Hidayat, W., & Linda, L. (2023). The effectiveness of developing culture-based mathematics learning media through visual basic application. Journal of Honai Math, 6(1), 1-16.
Huda, M. M., Tricahyo, V. A., Yusron, R. D. R., & Septarina, A. A. (2024). Analisis Tingkat Literasi Digital Siswa Berbasis Web Game Edukasi Sebagai Bagian Kesiapan Pembelajaran Digital. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, 2(2), 85-97.
Liswati, T. W., Sakinah, N. G. A. P., & Yuniarti, Y. S. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis literasi numerasi.
Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 568-574).
Maulana, M. R., & Sari, C. K. (2023). Keterampilan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berbasis Budaya Kota Surakarta Ditinjau Dari Keterampilan Awal. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 825-836.
Meilani, M. (2014). Berbudaya melalui media digital. Humaniora, 5(2), 1009-1014.
Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan media pembelajaran komik terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.
Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183-191.
Ningrum, S. K., Sakmal, J., & Dallion, E. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva untuk mengembangkan budaya literasi digital siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1500-1511.
Rahmadani, F. P., Johar, R., & Hidayat, M. (2023). The effect of digital learning on student mathematics achievement at junior high school. Journal of Honai Math, 6(1), 46-58.
Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21-30.
Sulistyorini, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas V SD Berbasis Budaya. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 179-189.
Syahriati, S. (2023). Challenges and Opportunities in Indonesian Language Education in the Digital Era. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(3), 1405-1411.
Valentine, V. E., Alawiyah, T., Dewi, I. L. K., & Nopriana, T. (2024). Identifying the Mathematical Concept Understanding Ability of Junior High School Students in Learning Linear Function Material. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE), 3(2), 115-126.
Zakaria, S., & Md Osman, S. Z. (2024). STEAM innovation: Curriculum alignment, experimental learning, and transdisciplinary approaches. International Journal of Modern Education, 6(22), 319-335.
Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L. A. (2023). Efektivitas media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep matematika siswa SD kelas V. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(4), 509-514.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.









