STUDI KORELASI ANTARA MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS X DI SMA NEGERI SELANGIT KABUPATEN MUSIRAWAS

  • Yeni Asmara STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan positif atau negatif antara motivasi belajar dan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri Selangit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 47 responden yang diambil 20% secara acak dari populasi sebanyak 233 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis data menggunakan korelasi product moment diperoleh besar korelasi antara kedua variabel yang di uji (rxy) adalah 0,261. Nilai tersebut menunjukan bahwa antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah memiliki korelasi yang positif hal ini dapat dilihat dari dari hasil perhitungan t hitung = 2,239, sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 68 adalah 2,000 berarti t hitung > t tabel (2,239 > 2,000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi r dengan hasil belajar sejarah pada siswa kelas X di SMA Negeri Selangit.

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Makmur, Abin Syamsudin. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mappeasse, Yusuf. Muh. 2009. Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, Vol 1, No. 2 Oktober 2009. Makasaar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Satria Wayan, 2012. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP PGRI 3 Bandar Lampung. Jurnal Lentera STKIP PGRI Bandar Lampung. Vol 2 Tahun 2012.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2017-12-31