Tantangan dan Manfaat Penggunaan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Instruksi dalam Pembelajaran EFL: Studi Kasus di Sekolah Menengah Indonesia

  • Shofia Honey Falah Universitas Muhammadiyah Papua Barat
  • Riyan Febriansyah Universitas Muhammadiyah Papua Barat
  • Sulistyahadi Sulistyahadi Universitas Muhammadiyah Papua Barat
  • Syahira Syahira Universitas Muhammadiyah Papua Barat
  • Kartini Kartini Universitas Muhammadiyah Papua Barat
  • Ricky Arjuna Universitas Muhammadiyah Papua Barat

Abstract

Penelitian ini mengkaji tantangan dan manfaat penggunaan English Medium Instruction (EMI) dalam pembelajaran English as a Foreign Language (EFL) di dua SMA negeri di Kota Manokwari, Papua Barat. Penelitian menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan melibatkan 10 guru bahasa Inggris dan 50 siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi EMI menghadapi kendala linguistik, keterbatasan infrastruktur, dan faktor sosial-budaya. Meskipun demikian, EMI memberikan manfaat berupa peningkatan kepercayaan diri siswa dalam berbicara, motivasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa EMI berpotensi efektif di konteks EFL terpencil apabila diterapkan secara fleksibel dan disesuaikan dengan konteks lokal.

References

Cahyani, A. P., Langgeng, D. G., Hasanudin, H., Febriansyah, R., & Sulistiono, A. (2024). The reading habits of English education department students in the middle Covid-19 pandemic: A case study of Indonesian eastern students. JOLIES: Journal of Linguistic and English Studies, 1(2), 55–62.

Febriansyah, R. (2025). Improving student participation and learning outcomes through video teaching at SLB Panca Kasih Manokwari. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(02).

Febriansyah, R., & Arjuna, R. (2024). Studi kasus pengetahuan praktis guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing di SD Inpres 52 Mansaburi. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(1).

Febriansyah, R., Mulfihin, S., & Maturahmah, E. (2025). Gender-based teacher’s politeness strategies in building students and teacher interaction. Seminar Nasional Pendidikan Muhammadiyah Manokwari, 3(01).

Febriansyah, R., Santoso, T., & Zeyhudan, A. (2025). Eksplorasi lanskap linguistik: Potret keberlangsungan bahasa lokal dalam modernitas area wisata di Manokwari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 11(2), 1681–1695.

Febriansyah, R., & Wulandari, I. (2025). Perancangan desain poster TB awareness on campus di tiga kampus Surabaya: Pendekatan desain visual dalam meningkatkan kesadaran mahasiswa. Seminar Nasional Best Practice Mobilitas Mahasiswa, 2(1), 1–5.

Hasanudin, H., Langgeng, D. G., Febriansyah, R., Sulistiono, A., & Cahyani, A. P. (2024). The reading habits of English education department students in the middle COVID-19 pandemic: A case study of Indonesian eastern students. JULIET: Journal of English Language and Literature, 1(2), 53–59.

Maturahmah, E., Baharuddin, W., Yaqinah, A., & Febriansyah, R. (2025). Pemanfaatan obat tradisional dalam konteks pendidikan biologi untuk meningkatkan kesadaran kesehatan. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(1).

Uleulang, K., Idris, I., & Febriansyah, R. (2025). Website, social media, and learning management system at school: Review of benefit and challenges. Journal of Asian Rural Education Studies, 1(01), 23–31.

Zeyhudan, A., & Febriansyah, R. (2025). Analysis of English learning styles based on gender used by the students of STKIP Muhammadiyah Manokwari. Lentera Arfak: Jurnal Pendidikan dan Sains, 4(1).
Published
2025-12-11