Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau

  • Ranita Ranita Universitas PGRI Silampari
  • As Elly Universitas PGRI Silampari
  • Khathibul Umam Zaid Nugroho Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau dengan jumlah 116 orang dan sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII.2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai Posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kotrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai , karena  maka  ditolak dan  diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik SMPIT An-Nida’ Lubuk Linggau.

References

Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366

Chintia, M., Amelia, R., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.579-586

Darmansyah, M. R., Refianti, R., & Elly, A. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI SMAN 8 Lubuklinggau. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 604–614. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.5601
Erria, R., Buyung, Nirawati, R., & Paruntu, P. E. (2023). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Literasi Matematika. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 78–85.

Faisal, M., Dhoruri, A., & Mahmudah, F. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(2), 577. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i2.8663

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2802–2815.

Friansah, D., Nugroho, K. U. Z., & Yanto, Y. (2023). Kemampuan Guru Menyusun IAI untuk Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi melalui Kurikulum Merdeka di SD. Celebes Journal of Community Services , 2(2), 60–69. https://doi.org/10.37531/celeb.v2i2.909

Hendriko, N., Syafriandi, S., Armiati, A., & Jamaan, E. Z. (2024). Praktikalitas E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(3), 870. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8921

Khoiryah, L., & Nurmilah, R. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Mulawarman, 4, 11–16. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm

Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelligence dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Dengan Model Pembelajaran Prolem- Based Learning dan Model Pembelajaran Project-Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Syarifah, N., Indrawati, V., Sulandjari, S., & Purwidiani, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Sandwich. E-Jurnal Tata Boga, 9(2).

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 04, Issue 01). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Published
2025-12-11