DESAIN PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN LIMAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

  • Rani Refianti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Zulkardi Z. Universitas Sriwijaya
  • Budi Santoso Universitas Sriwijaya
Keywords: pendekatan saintifik, limas, design research

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan learning trajectory pada materi  luas permukaan limas menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian design research yang melibatkan 30 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Palembang. Dalam penelitian ini serangkaian instruksi dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran yang dirancang menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini memuat serangkaian pembelajaran yang terdiri dari 2 aktivitas mengenai luas permukaan limas. Hasil dari learning trajectory  menunjukan bahwa dengan pendekatan saintifik siswa dapat memahami konsep luas permukaan limas serta dapat menyelesaian soal dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan luas permukaan limas.

References

Bustang, Zulkardi, Darmowijoyo, Dolk,M. dan Van Eerde,D. 2013. Developing a Local Instruction Theory for Learing the Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representation. International Education Studies, 6(8) : 58-70.
Faradhilla,N.Sujadi,I.Kuswardi,Y. 2013. Eksperiment Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi.1(1): 67-74.
Gravemeijer, K. 2004. Local instruction theories as means of support for teacher in reform mathematic education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 105-128, Lawrence Erlbaum Association, Inc.
Graveimeijer,K. & Cobb, P. 2006. Design Research From a Learning Design Perspective. In Jan van den Akker,et.al Educational Design Researcah. London : Routledge.
Holt, Rinehart dan Winson. 2006. Made to Measure. Nasion Science Foundation.
Holt, Rinehart dan Winson. 2013 Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.
Kershway, J. 2013. Surface Area of Triangular Prisms. Kansas : Flexbook.
Kusumawati,E. 2011. Pembelajaran Kubus dan Balok Menurut Standar Pengajaran NCTM Dengan Setting Kooperatif. Edumatica 1(1) : 33-43.
Suwaji. 2008. Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemerdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Zulkardi. 2006. RME suatu inovasi dalam pendidikan matematika di Indonesia. Makalah disajikan pada Konferensi Matematika Nasional XIII. Bandung ITB.
Published
2015-12-31