PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMAN 4 LUBUKLINGGAU

  • Merti Triyanti STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Endang Suswati SMA Negeri 4 Lubuklinggau
Keywords: Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui manfaat multimedia pada materi sistem saraf dan mengetahui hasil belajar dan aktifitas siswa setelah menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dengan pembelajaran dengan menggunakan multimedia interakti, keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau meningkat dari 50% pada siklus I menjadi 85,70% pada siklus II, siswa yang mencapai KKM dari 72,32% pada siklus I menjadi 79,29% pada siklus II. Berdasarkan analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan multimedia interaktif pada materi sistem saraf kualitas pembelajaran pada mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau  meningkat. Adapun besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau pada pembelajaran biologi tentang materi sistem saraf menggunakan multimedia interaktif sebesar 16,45%.

References

Ahmadi, Abu. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. 2010. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo persada.
Setiyono, B.D. 2008. Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif untuk pembelajaran yang berkualitas. Makalah disajikan dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat fakultas, di Universitas Negeri Semarang.
Campbell, N.A., Reece, J.B. & L.G. Mitchell. 2004. Biologi jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 2010. Media pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.
Depdiknas. 2001. Kurikulum berbasis kompetensi mata pelajaran biologi. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rieka Cipta.
Syukur, F. 2005. Teknologi pendidikan. Semarang: RaSAIL.
Gagne, R. M. & Brigs, L. J. 1979. Principles of instructional design second edition. United States of America: Holt Rinehart and Winston.
Sudjana, N. 2010. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Philips, R. 1997. The developer‟s handbook to interactive multimedia: A practical guide for educational applications. London: Kogan Page Ltd Reece, J.B.,
Urry, L.A., Cain, M.L., et al. (2011).Campbell biology (9thed.). San Fransisco: Pearson Education, Inc.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar & Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Schwier, R.A. & Misanchuk, E.R. 1993. Interactive multimedia instruction. New Jersey: Educational Technology Publications, Inc.
Soewolo., Soedjono Basoeki & Titi Yudani. 2000. Fisiologi manusia. Malang: Universitas Negeri Malang.
Published
2015-06-30