KEBUDAYAAN SUKU KUBU PADA MASA TRANSISI (STUDI KASUS DESA SUNGAI KIJANG KECAMATAN RAWAS ULU KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN 1974 – 1980)

  • Ira Miyarni Sustianingsih STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Kebudayaan Suku Kubu, Masa Transisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kehidupan kebudayaan, pola mata pencaharian, serta proses adapatasi ketika pemerintah berusaha mengangkat derajat kehidupan suku Kubu di Desa Sungai Kijang Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 1974-1980. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan metode pendekatan kasus tunggal, yaitu mengangkat berbagai informasi kualitatif di mana peneliti mengumpulkan data dari informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan strategi interaktif dan noninteraktif yaitu berupa wawancara langsung, observasi langsung dan mencatat arsip dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Proyek Nasional PKMT pemerintah berhasil memukimkan kehidupan mereka supaya tidak lagi nomaden. Pada kenyataannya sistem mata pencaharian mereka masih mengumpulkan hasil hutan inilah yang pada akhirnya menimbulkan sistem kehidupan dua tempat tinggal. Hal ini merupakan tugas pemerintah untuk terus membangun sistem perekonomian dan ilmu pengetahuan suku Kubu di Desa Sungai Kijang ke taraf kehidupan yang lebih baik.

References

Alfian. 1986. Transformasi Sosial Budaya dalam Pembangunan. Jakarta: UI Press.
Departemen Sosial R.I. 1973. Pedoman Operasi Pembinaan Kesejahteraan Masyarakat Terasing, Direktorat Pembangunan Masyarakat Suku-Suku Terasing. Jakarta: Direktorat Bina Karya.
Soekanto, Soeryono. 1984. Teori Sosiologi: Perubahan Sosial. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Soemardjan, Selo dkk. , 1986. Perubahan Sosial di Yogyakarta. Yogyakarta: Gama Press.
Suparlan, Parsudi. 1995. Orang Sakai di Riau: Masyarakat Terasing dalam Masyarakat Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Sutopo, H. B. 1988. Pengantar Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar Teoritis dan Praktis. Surakarta: Puslit UNS.
Published
2014-12-31