ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

  • Saparini S. Universitas Sriwijaya
Keywords: Miskonsepsi, Konsep Gaya, Hukum Newton, Gerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP-PGRI Lubuklinggau pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes objektif dengan alasan dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara pada konsep gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi yang terjadi paling besar pada konsep hukum I Newton pada soal nomor 1 sebesar 94,7% mahasiswa mengalami miskonsepsi dan yang paling rendah miskonsepsi terjadi pada konsep gaya gesekan pada soal nomor 2 sebesar 36,8%. Hampir semua mahasiswa mengalami miskonsepsi (94,7%) dengan menganggap bahwa waktu jatuhnya benda selalu dipengaruhi oleh berat benda. Penyebab miskonsepsi yang berasal dari mahasiswa antara lain konsep awal, kemampuan, tahap perkembangan kognitif mahasiswa, pemikiran asosiasi, pemikiran humanistik, alasan yang tidak lengkap atau salah, intuisi yang salah dan minat belajar siswa atau mahasiswa. Solusi untuk mengatasi miskonsepsi yang disarankan yaitu dengan menyiapkan dan mempelajari konsep yang akan diajarkan, merencanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik konsep yang akan diajarkan dan yang paling penting adalah bagaimana cara menumbuhkan minat belajar mahasiswa.

References

Griffiths, A.K., & Preston, K.R. 1992. Grade-12 Students’ Misconceptions Relating to Fundamental Characteristics of Atoms and Molecules. Journal of Research in Science Teaching,Vol 29, 611-628.
Hasan, Saleem. 1999. Misconception and the Certainty of Response Index (CRI). [online] http://iopscience.iop.org/0031-9120/34/5/304. [5 Januari 2014].
Pablico, J.R. 2010. Misconceptions on Force and Gravity among High School Students. Thesis Magister Louisiana State University.
Prescott, A. and Mithcelmore, M. 2004. Student Misconceptions about Projectile Motion. Paper accepted for presentation at the 8th annual conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Melbourne.
Suparno, Paul. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.
Suwarto. 2013. Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tayubi, Yuyu R. 2005. Identifikasi Miskonsepsi pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, No. 3, Vol. XXIV, hlm. 4.
Van den Berg, E. 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Published
2014-12-31