PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) MELALUI METODE KERJA KELOMPOK (PTK DI KELAS V SD NEGERI TAMBAHASRI)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui metode kerja kelompok. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kerja kelompok. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus penelitian dengan masing-masing siklus menempuh prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dua siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan mulai dari posttest sebelum tindakan, posttest siklus I maupun posttest siklus II. Hasil akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan dua siklus berhasil menunjukkan peningkatan yaitu persentase ketuntasan posttest rata-rata sebelum tindakan adalah 52,78, pada siklus I meningkat menjadi 63,89, dan nilai rata-rata pada siklus II 78,33. Persentase peningkatan hasil belajar siswa setelah diberi tindakan adalah 34,73 %.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
NTR (New Teaching Resource). 2012. Seri Pendalaman Materi Plus. Jakarta: Erlangga.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineke Cipta.
Samad, Echi Abdul. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XB SMA N Palu Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Tesis tidak diterbitkan. Palu: FKIP Untad.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Usman, Moh Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Jurnal Perspektif Pendidikan by https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.